Mengenang 20 Tahun Kematian Putri Diana

Rahman Indra, CNN Indonesia | Kamis, 31/08/2017 07:58 WIB
Mengenang 20 Tahun Kematian Putri Diana Tepat pada hari ini (31/8), 20 tahun lalu Putri Diana tiada. Peringatan dua dekade kepergiannya dikenang di taman penuh bunga favoritnya di Istana Kensington. (Foto: REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada hari ini, Kamis (31/8), dunia mengenang dan memeringati 20 tahun kepergian Putri Diana.

Dua orang putranya, Pangeran William atau The Duke of Cambridge dan Pangeran Harry mengenang dengan berjalan mengitari taman penuh bunga yang memang didedikasikan khusus untuk Putri Diana, pada Rabu (30/8) seperti dilaporkan The Guardian.

Pilihan akan warna putih terinspirasi dari warna kesukaan Diana, dan juga busana putih 'Elvis' Catherine Walker miliknya yang ikonis. Di dalam taman terdapat bunga mawar putih, lili, dan gladioli. Taman ini dibuka sejak Maret lalu dan dijadwalkan hingga September mendatang.


Bersama keduanya, Kate Middleton atau Duchess of Cambridge juga tampak berjalan beriringan. Mereka menyusuri taman selama satu jam yang dibuat untuk mengenang sosok Diana, Princess of Wales.

Tak jauh dari taman itu, mereka juga mengecek sejumlah rangkaian bunga, potret dan lilin yang ditinggalkan publik di bagian barat gerbang Istana Kensington. Tempat yang dulu didiami oleh Diana dan kini menjadi tempat penuh rangkaian bunga.

[Gambas:Instagram]

"Semua kita kehilangan seseorang berarti," bisik Harry pada perwakilan badan amal yang didukung Diana.

Putri Diana meninggal dunia saat menumpangi kendaraan yang melaju kencang di terowongan Pont de l'Alma, Paris. Ia meninggal di usia 36 tahun, sementara Pangeran William saat itu 15 tahun, dan Pangeran Harry 12 tahun. 


Peringatan dua dekade kepergian Diana kembali mencuat ke permukaan dengan ragam reaksi sejak sepekan atau dua pekan lalu. Beberapa isu mengenai Diana, termasuk yang selama ini bungkam dan kontroversial kembali muncul menjadi judul pemberitaan di media.

Diana, seperti penulis biografi Sarah Bradford duga dua puluh tahun lalu, masih akan menghantui kerajaan, meski ia telah tiada.



Peringatan 20 tahun menjadi momen kunci untuk mengungkap kembali sejarah pahit di masa silam bagi sejumlah pihak dan kerabat dekat. Ini termasuk Pangeran William dan Harry yang menganggap 20 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengungkap apa yang mereka rasa.

"Mereka bilang pada saya mereka tidak pernah mengungkapkan perasaan mereka sebelumnya, ini hanya soal waktu dan mereka ingin bicara akan hal itu sekali saja, dan hanya akan berlaku sekali," ungkap Henry Singer, pembuat film Diana, 7 Days yang ditayangkan di BBC1 beberapa waktu lalu.

Singer menambahkan, waktu sepuluh tahun terasa masih singkat untuk bersuara. Ia yakin bahkan saudari perempuan Diana, Lady Sarah McCorquodale dan Lord Jay, duta besar Inggris untuk Paris ketika Diana meninggal dunia karena kecelakaan pada 31 Agustus 1997 akan buka suara dalam waktu dekat.

Waktu sekarang ini menjadi momentum untuk mengungkap yang selama ini masih jadi misteri sejarah.


Patung Diana

Selain White Garden yang menjadi penghormatan khusus di peringatan 20 tahun kematiannya, Pangeran William dan Harry juga menggagas dan mengawali pembangunan patung Diana sebagai tugu peringatan.

Rencananya patung Diana tersebut akan ditempatkan di salah satu area di Istana Kensington. Mengumumkan rencana pembuatan patung pada Januari lalu, William dan Harry mengatakan peringatan ke-20 tahun adalah momen tepat untuk memeringati sosok Diana dan hal positif yang telah ia berikan pada Inggris dan juga dunia.



"Ibu kami telah menyentuh hidup banyak orang. Kami harap patung ini akan membantu setiap orang yang datang ke Istana Kensington, yang merefleksikan kisah hidup dan warisan peninggalannya,' ungkap William. 

Di luar dua tribut penting itu, Pangeran William, Pangeran Harry dan Kate Middleton juga melanjutkan aksi amal Putri Diana. Mereka telah bertemu dengan perwakilan dari badan amal yang dulu didukung Diana, di antaranya rumah sakit Royal Marsden and Great Ormond Street, National Aids Trust, pusat tunawisma Centrepoint, dan Leprosy Mission.