Waspada Kelelahan Bekerja Akut yang Bisa Sebabkan Kematian

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Senin, 04 Sep 2017 17:34 WIB
Jangan remehkan rasa lelah yang mendera. Kelelahan yang dibiarkan akan menyebabkan masalah kesehatan serius sampai kematian. Waspadai bahaya kelelahan yang melanda pekerja (Thinkstock/Purestock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merasa letih setelah beraktivitas panjang atau melakukan kegiatan saat tubuh Anda sedang kurang sehat adalah hal yang biasa.

Kelelahan juga dapat terjadi karena terlalu memaksakan keadaan fisik dan mental kita untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup.

Pada dasarnya kelelahan dapat timbul akibat stress yang berlebihan. Kondisi ini diperburuk saat seseorang yang kurang istirahat namun tetap 'rajin' merokok, minum suplemen dan minuman berenergi yang mengandung ginseng serta kafein.

Namun, jika Anda sering merasa lelah padahal sudah cukup istirahat, hati-hati bisa saja Anda terkena penyakit yang serius sampai ancaman kematian

Jangan remehkan rasa lelah yang mendera. Kelelahan yang dibiarkan akan menyebabkan masalah kesehatan, termasuk sindrom overachievers. Penyakit ini terjadi saat orang mengalami kelelahan emosional, kognitif, dan fisik dalam satu waktu.

Berdasarkan pernyataan Jobstreet yang diterima CNNIndonesia.com, ada beberapa gejala kelelahan yang kerap kali muncul dan harus diwaspadai agar tak mengancam nyawa.

1. Perasaan negatif
Menganggap diri Anda terlalu asing, seolah-olah yang Anda kerjakan tidak penting, merasa putus asa, memiliki pandangan yang pesimistis, bisa saja itu pertanda bahwa Anda terlalu lelah dalam bekerja.

2. Kelelahan terus-menerus
Jika Anda merasa lelah sepanjang hari dimulai dari bangun tidur sampai kembali lagi tidur, itu mungkin pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Waktu tidur Anda mungkin seperti biasanya, namun pikiran Anda akan menolak untuk beristirahat.


3. Apatis dan tidak peduli apapun
Kelelahan yang berlebihan dapat memicu timbulnya sikap tidak peduli, acuh tak cuh dengan lingkungan di sekitar Anda.

4. Stres yang menyebabkan penyakit
Dampak kelelahan yang dialami adalah gangguan kesehatan secara umum, berbagai penyakit kronis akan menyerang dan menurunya daya tahan tubuh seseorang. Secara psikologi, stress mampu mengubah proses metabolisme dalam tubuh.


5. Menunda Pekerjaan
Kelelahan dapat mengganggu pekerjaan Anda sekalipun. Saat merasa lelah, pekerjaan yang biasanya dilakukan di tempat kerja, akan terasa berat.

6. Stagnasi
Jika Anda merasa sangat sibuk dengan pekerjaan dan merasa terjebak dalam rutinitas, beban pekerjaan yang didapatkan tidak pernah berkurang, setiap kegiatan yang dilakukan tidak pernah dianggap baik, dan merasakan hal-hal lainnya hanya terulang begitu seterusnya, ini jadi salah satu tanda kelelahan berat. (sha/chs)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER