'Irma' Mengamuk di Florida, 20 Ribu Botol Wine Diungsikan

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Minggu, 10/09/2017 06:46 WIB
'Irma' Mengamuk di Florida, 20 Ribu Botol Wine Diungsikan Serangan badai Irma sebabkan banyak pemilik wine menyewa layanan penyelamat wine. ( REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badai Irma menyebabkan banyak masalah terjadi di jalur yang dilewatinya, termasuk Kuba dan Florida. 'Kedatangan' Irma ke Florida ini ternyata tak membuat warga sekitar panik dan harus dievakuasi.

Namun salah seorang warga juga panik akan koleksi wine mahalnya. Dia meminta layanan penyelamat untuk mengevakuasi wine-winenya.

Mengutip Reuters dari Daily Meal, Kamis lalu, lebih dari 20 ribu botol wine langka pun dievakuasi dari sebuah rumah di Florida dan Louisiana. Semua botol ini setara dengan harga US$5 juta.


Harganya terbilang mahal karena ada beberapa botol wine yang berusia lebih dari 100 tahun.

Wine-wine ini dipindahkan dari lokasi yang diperkirakan jadi jalur badai ke sebuah tempat penyimpanan aman dan memiliki suhu yang terjaga.

Layanan penyelamat gawat darurat wine ini dilakukan oleh sebuah perusahaan pemindahan wine Xpeditr. Adam Gungle, CEO Xpeditr mengungkapkan bahwa layanan darurat tersebut sudah dibentuk sejak 2012 lalu, setelah badai sandy menghancurkan beberapa koleksi wine yang sangat langka.

"Amukan badai bisa merusak 'potongan-potongan sejarah' dalam wine," katanya.



"Badai Andrew, Katrina, Sandy menghancurkan puluhan juta dolar wine. Banyak dari botol wine ini yang bertahan sejak Perang Dunia I dan II."

Penyimpanan wine berpotensi rusak akibat badai, karena pengatur suhunya akan kehilangan daya listrik. Banjir akan membuat air masuk ke dalam botol melalui sumbat penutup ataupun label di botol.

Beberapa botol wine yang ditaksir memiliki harga sekitar US$100 ribu, banyak pemilik wine yang tak segan memikirkan dan menyelamatkan winenya terlebih dulu saat ancaman badai muncul.