Hari Pertama, SKD CPNS Kemenkumham Terkendala di Tiga Kota

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 11/09/2017 15:06 WIB
Seleksi Kompetensi Dasar bagi CPNS Kemenkumham berlangsung serentak di seluruh Indonesia hari ini. Bandung, Semarang dan Surabaya sempat terkendala. Seleksi Kompetensi Dasar bagi CPNS Kemenkumham berlangsung serentak di seluruh Indonesia hari ini. Bandung, Semarang dan Surabaya sempat terkendala. (Foto: CNNIndonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para calon pegawai negeri sipil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) serentak di seluruh Indonesia, pada hari ini, Senin (11/9). Disebutkan seleksi berlangsung di 33 titik lokasi di berbagai provinsi.

Menurut pemantauan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana terdapat tiga titik dengan masalah teknis. Ketiga titik tersebut adalah Bandung, Semarang dan Surabaya.

"Bandung dan Semarang kita tunda, kalau Surabaya delay beberapa saat tapi sekarang sudah jalan," kata Bima saat ditemui di sela pemantauan SKD di lantai 2, gedung CAT, BKN Pusat, Jakarta, Senin (11/9).



Ia menjelaskan, Bandung setidaknya harus menyiapkan seribu komputer untuk pelaksanaan tes, sedangkan Semarang sebanyak 700 komputer.

Menurutnya, tim BKN agak kesulitan menyewa seribu komputer. Selain itu, juga terdapat kendala tempat karena sulit mencari tempat yang bisa menampung seluruh komputer serta peralatan yang diperlukan.

"Upaya mencari tempat setengah mati. Targetnya besok sudah normal," ujarnya.

Bima menambahkan, peserta hari pertama di Bandung dan Semarang, waktu tesnya akan dialihkan ke hari terakhir.

Hari Pertama, SKD CPNS Kemenkumham Terkendala di Tiga KotaPeserta melaksanakan tes melalui Computer Assisted Test (CAT) calon pegawai negeri sipil (CPNS) kementerian Hukum dan HAM di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (11/9). Sebanyak 3.020 peserta CPNS Strata satu (S1) mengikuti tes tersebut dibagi dalam lima sesi, yang dilaksanakan mulai tanggal 11-16 September 2017. (Foto: ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar)


Secara keseluruhan, katanya, tes berlangsung normal. Ada hari di mana tes akan berlangsung enam sesi, sehingga ia berharap komputer tidak akan mengalami masalah. Umumnya, komputer digunakan hingga lima sesi tes.

"Tes nggak ada nego nilai, nggak ada KKN, soal kanan kiri beda. Persiapannya ya hanya belajar. Mereka yang lulus, harus siap ditempatkan di mana pun di seluruh Indonesia," ujarnya.

Dirinya juga menyatakan BKN tidak memiliki afirmasi dengan perguruan tinggi mana pun. Peserta murni mengandalkan kemampuannya sendiri untuk bisa lolos dalam tes. "Supaya ada tekanan pada perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas," katanya.


Dihubungi secara terpisah, Lilik Bambang Lestari, Kepala Biro Humas Kemenkumham mengatakan dirinya sedang melakukan pemantauan SKD hari pertama di Manado. Proses seleksi di sana berjalan lancar dengan sesi pertama dimulai sejak pukul 08:00 waktu Indonesia bagian tengah.

"Satu sesi berlangsung 90 menit, dengan peserta 100 orang, diperkirakan akan berlangsung sampai sore untuk lima sesi hari ini," ujarnya menambahkan.

Lebih jauh, ia mengatakan, jumlah peserta di setiap sesi bisa jadi berbeda di setiap wilayah sesuai kemampuan perangkat yang dimilikinya. Seleksi kompetensi dasar ini berlangsung hingga Sabtu, 16 September mendatang dan menjadi salah satu penilaian di samping Seleksi Kompetensi Bidang pada tahap berikutnya.
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK