Dalam Sepekan, Situs Daftar CPNS Diakses Lebih Sejuta Kali

Elise Dwi Ratnasari , CNN Indonesia | Selasa, 12/09/2017 19:54 WIB
Dalam Sepekan, Situs Daftar CPNS Diakses Lebih Sejuta Kali Dalam kurun waktu satu pekan, 6-11 September 2017, situs pendaftaran CPNS di SSCN BKN diakses lebih dari sejuta kali. (Foto: ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Animo masyarakat untuk jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini tergolong sangat besar. Hal itu tampak dari data akses situs pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Badan Kepegawaian Negara yang diakses sampai 1,6 juta kali sejak penerimaan periode II dibuka. 

Data itu disampaikan Diah Eka Palupi, Kepala Sub Bagian Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN, lewat pernyataan yang diterima redaksi CNNIndonesia.com, pada Selasa (12/9).

Pusat data SSCN menyebutkan pada 6-11 September 2017, situs SSCN telah diakses oleh 1.613.591 orang dengan rincian 54,04% mengakses via desktop, 44,75 % via mobile device, dan 1,21% mengakses melalui tablet. 


Lebih jauh, Diah mengungkapkan, selain karena pendaftaran, banyaknya yang mengakses situs SSCN BKN ditengarai juga karena situs Kemenkumham yang sempat bermasalah.

"Bisa jadi, karena kita memang ikut pantau web instansi, dan terus coba backup permasalahan instansi yang terkait data online," ujarnya.

Di samping itu, kata dia, hasil tes administrasi juga turut ditayangkan di SSCN BKN.

"Walaupun sebenernya pengumuman itu domain utama di web instansi, tapi pilihan-pilihan instansi yang bisa dilamar juga diupload di SSCN," ujarnya.


Dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Mohammad Ridwan mengatakan banyaknya yang mengakses situs SSCN BKN menunjukkan generasi sekarang yang melek teknologi informasi dalam rekrutmen CPNS tahun 2017.

Ia menilai kehadiran generasi berkarakter milenial akan memberikan energi positif bagi terwujudnya akselerasi pencapaian target pemerintah.

SKD hari kedua

Sementara itu, hari ini merupakan hari kedua Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS Kemenkumham. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB), Asman Abnur meninjau lokasi tes berbasis Computer Assist Test (CAT) ini di gedung BKN, Jakarta. Tes berbasis komputer, menurutnya, tak akan memberikan celah pada kecurangan.


Akses SSCN pun hanya bisa dilakukan jika pelamar memiliki NIK yang sudah diverifikasi oleh Ditjen Dukcapil. Selain itu, sebelum memasuki ruangan tes, peserta harus dapat menunjukkan tanda pengenal otentik.

Dari pengamatan CNNIndonesia.com saat mengunjungi lokasi tes pada hari pertama, pelamar CPNS diwajibkan melakukan registrasi sebelum memasuki ruang tunggu tes.

Sebelum masuk ruangan, peserta wajib meninggalkan barang-barang pribadi termasuk ponsel, perhiasan dan jam tangan. Terdapat pengecekan dengan metal detector oleh petugas dari Kemenkumham.

"Di dalam ruangan juga terdapat jumper, sehingga sinyal handphone diacak. Jadi kalaupun bawa HP, nggak bakal bisa apa-apa," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Seleksi Pusat Pengembangan Sistem Rekruitmen (PPSR), Yudhantoro Bayu.