logo CNN Indonesia

Tak Perlu ke Gym, Bakar Kalori Bisa dari Membersihkan Rumah

, CNN Indonesia
Tak Perlu ke Gym, Bakar Kalori Bisa dari Membersihkan Rumah
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivitas membersihkan rumah kerap dianggap tak penting dan berat untuk dilakukan, dari mulai menyapu, mengepel, membersihkan jendela sampai menguras bak kamar mandi. Namun, baru-baru ini sebuah studi mengungkapkan aktivitas bersih-bersih rumah ini justru termasuk olah tubuh yang dapat membakar kalori sehingga tak lagi perlu repot-repot ke gym.

Seperti dilaporkan Daily Mail, sebuah studi dari Good Housekeeping Institute (GHI) menemukan bahwa membersihkan debu, mengepel dan membersihkan kamar mandi adalah cara efektif untuk bakar kalori tanpa meninggalkan rumah.

Rata-rata, seseorang bisa membakar 600 kalori saat bersih-bersih rumah selama sekitar dua jam. Ini mendekati dua kali lipat kalori yang terbakar saat berlari sepanjang 5 kilometer. Lari 5 kilometer hanya membakar 374 kalori.


Peneliti membandingkan antara partisipan saat berolah raga di gym dengan melakukan pekerjaan rumah. Mereka menghitung, rata-rata jumlah kalori yang terbakar selama 20 - 40 menit sesi untuk melihat jenis pekerjaan apa yang paling banyak membakar kalori.

Hasilnya, membersihkan jendela jadi jenis pekerjaan paling unggul, di mana hanya dalam 20 menit kalori yang terbakar sebanyak 115. Pada posisi kedua, mengepel bisa membakar 107 kalori, selanjutnya membersihkan kamar mandi mampu meluruhkan 100 kalori.

Sementara itu, kalori paling sedikit terbakar saat seseorang membersihkan debu dengan vacuum cleaner, yakni 86 kalori. Jika ingin lebih banyak kalori terbakar, membersihkan debu selama 40 menit bisa dilakukan. Aktivitas ini bisa membakar sekitar 194 kalori.


"Sayangnya, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus selesai tapi kabar baiknya Anda akan sehat sementara Anda melakukannya," kata ahli kebersihan GHI, Verity Mann dikutip dari Daily Mail (11/9).

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video