'Glass Skin', Obsesi Baru Dunia Kecantikan Korea Selatan

Elise Dwi Ratnasari , CNN Indonesia | Rabu, 13/09/2017 08:58 WIB
'Glass Skin', Obsesi Baru Dunia Kecantikan Korea Selatan Kulit bening yang menandakan muda dan kencang menjadi tren kecantikan di Korea Selatan. Setiap orang ingin mendapatkannya lewat apapun cara yang bisa ditempuh. (Foto: Thinkstock/Kharichkina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Postur tubuh ideal dan wajah rupawan bukan lagi sekadar mimpi. Negeri yang populer dengan boyband dan girlband, Korea Selatan bisa mewujudkan mimpi siapapun untuk tampil cemerlang dan percaya diri. Pertumbuhan tren operasi plastik semakin pesat plus selebritas di sana memang akrab dengan hal ini.

Kini, obsesi 'cantik' perempuan Korea tak lagi soal tubuh seksi dan wajah ala artis favorit mereka. Obsesi memiliki kulit mulus dan berkilau bagai kaca alias 'glass skin' makin masif. Menurut pendiri situs Peach & Lily, Alicia Yoon, 'glass skin' sendiri adalah kulit yang bening. Kulit seperti ini juga sebagai tanda kemudaan kulit dan satu dari sekian kualitas yang ingin dicapai di Korea.

"Ini bukan sesuatu yang didapat dalam semalam. Perawatan kulit yang konsisten yang memberi Anda kulit yang halus, sebuah puncak dari kulit yang muda dan segar," katanya dikutip dari Refinery29, pada Selasa (12/9).


Yoon menambahkan, kombinasi kulit halus dan bening bakal sulit didapat jika hanya mengandalkan produk-produk kecantikan. Mendapatkan kulit 'sempurna' ini perlu komitmen.

Bagi wanita yang ingin mendapatkan kulit seperti kaca ini, Yoon menyarankan dua hal. Pertama, Anda perlu eksfoliator untuk 'mengeruk' kulit mati, sehingga akan didapat kulit dengan tekstur halus.

"Kedua, serum yang menghidrasi kulit untuk membantu tampilan kulit seperti kaca," katanya.

Langkah Lain Demi Kulit Bak Kaca

Mungkin dua langkah yang dipaparkan Yoon tampak mudah tapi terasa sulit. Wanita Korea dianugerahi kulit yang putih seperti porselen, tentu tak sulit untuk menambah 'efek' tekstur halus dan sebening kaca.

Mengutip dari Evening Island, ada hal-hal yang perlu diperhatikan demi mendapat kulit sebening kaca.


Lakukan dengan Pelan

Saat membersihkan kulit dengan cleanser, jangan lakukan dengan cepat. Oleskan lalu pijat pada kulit agar ia meresap. Di Korea, tahap ini adalah langkah untuk menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit. Kulit pun siap untuk menerima langkah perawatan kulit berikutnya.

Pilih Toner yang Melembabkan

Toner jadi langkah akhir saat membersihkan kulit sebelum mengaplikasikan make up. Namun, produk-produk toner yang ada malah membuat kulit kering demi bisa menutup pori. Pilih toner yang melembabkan. Untuk mengetahui toner yang membuat kulit kering atau tidak, setelah mengaplikasikan toner, coba gerakkan mulut. Jika terasa kaku, maka Anda layak beralih ke produk toner yang melembabkan.


Hindari Make Up Serbuk

Bagi yang memiliki kulit berminyak, tekstur make up serbuk memang sangat menolong karena mampu menyerap minyak wajah berlebih. Namun, hal ini justru membuat kulit tak terhidrasi dengan baik.

Jika masih ingin menggunakan make up bertekstur serbuk, Anda dapat membubuhkan face mist setelah selesai mengaplikasikan makeup.