Paris Renovasi Kolam Renang Kuno Legendaris

Ardita Mustafa , CNN Indonesia | Rabu, 13/09/2017 20:25 WIB
Paris Renovasi Kolam Renang Kuno Legendaris Kolam renang legendaris Piscine des Amiraux muncul di salah satu adegan dalam film ‘Amelie’ (2001). (AFP PHOTO / JEAN-PIERRE MULLER)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Paris sudah lama dikenal sebagai kota dengan bangunan kuno yang indah. Bangunan-bangunan tersebut menjadi semakin ikonik karena sering dijadikan lokasi syuting film.

Salah satu bangunan ikonik yang akan kembali dibuka untuk umum ialah Piscine des Amiraux. Kolam renang ini muncul di salah satu adegan dalam film ‘Amelie’ (2001).


Dilansir dari Lonely Planet, kolam renang Piscine des Amiraux akan kembali dibuka pada tahun ini, setelah direnovasi dengan biaya sekitar Rp158 jutaan.

[Gambas:Instagram]

Piscine des Amiraux dirancang oleh arsitek asal Perancis, Henri Sauvage, pada 1930. Ia juga merupakan arsitek dari pusat perbelanjaan legendaris di Paris, La Samaritaine.


Tak seperti kolam renang yang berada dalam bangunan khusus, Piscine des Amiraux berada di lantai dasar apartemen delapan tingkat. Jadi, keberadaannya cukup tersembunyi dari publik.

Renovasi kolam renang seluas 33 meter ini akan dikerjakan oleh arsitek François Chatillon.

[Gambas:Instagram]

Dalam renovasinya, ia merubuhkan seluruh fasad bangunan yang rusak, lalu membangun kembali bangunan sesuai rancangan asli Sauvage.


Sedangkan bahan bangunan yang tidak ada penggantinya, seperti lantai kolam yang sama seperti pada Stasiun Paris Metro akan dipertahankan.

Chatillon mendapat tanggung jawab besar ini karena sebelumnya ia telah berhasil merenovasi bangunan kuno dengan lebih modern tanpa meninggalkan kesan sejarahnya.

[Gambas:Instagram]