Tempat Merenung The Beatles Jadi Objek Wisata di India

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Selasa, 19/09/2017 19:20 WIB
Tempat Merenung The Beatles Jadi Objek Wisata di India Patung John Lennon di Havana, Kuba. (AFP PHOTO/Yamil Lage)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain London, India juga menjadi negara yang menginspirasi The Beatles. Saat masih bermusik bersama, mereka sempat berkunjung ke kota Rishikesh pada 1968.

Di kota yang terletak sebelah utara India itu, The Beatles bertemu dengan guru spiritual, Maharishi Mahesh Yogi. Sang guru mengajak para personel untuk bermeditasi sambil merenung dalam pondok-pondok kecil.


Setelah perjalanan tersebut, mereka kembali ke London dan merilis album ‘White’. Dalam album tersebut, banyak penggemar yang merasa kalau karakter musik yang dimainkan John Lennon dan kawan-kawannya menjadi lebih dewasa.


[Gambas:Instagram]

Selama berada Rishikesh, The Beatles bermeditasi di tempat yang bernama Chaurasi Kutia. Tempat meditasi ini sempat tutup lama, sebelum dibuka kembali untuk umum pada tahun 2015.


Hingga saat ini, banyak penggemar The Beatles dan pecinta meditasi yang berdatangan ke sana.

Chaurasi Kutia tidak lagi tampak seperti bangunan yang layak untuk menjadi tempat meditasi, karena beberapa bagiannya sudah runtuh termakan usia. Oleh karena itu, Pemerintah Uttarakhand berencana untuk merenovasinya.

[Gambas:Instagram]

Dilansir dari Lonely Planet, proses renovasi akan berlangsung hingga tahun 2018, yang bertepatan dengan 50 tahun kunjungan The Beatles, sekaligus ulang tahun Maharishi ke-100.

Pemerintah juga berencana untuk membangun museum sejarah di sini.


Rishikesh disebut sebagai Pusat Yoga Dunia setelah kunjungan The Beatles yang mencerahkan batin para personelnya. Ada banyak tempat meditasi di sini, beberapa di antaranya Parmarth Niketan dan Gita Bhawan.

[Gambas:Instagram]

Tapi selain beryoga, turis juga bisa mengunjungi banyak objek wisata, seperti Taman Nasional Rajaji, Pantai Goa, Kuil Neelkanth Mahadev, sampai Jembatan Ram Jhula yang membelah Sungai Gangga.

(ard)