'Rayuan' Biji Kopi Termahal Dunia

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Rabu, 20/09/2017 11:35 WIB
'Rayuan' Biji Kopi Termahal Dunia Ilustrasi: Mulai 30 September 2017 mendatang, Dubai bakal erat hubungannya dengan kopi sebagai tuan rumah biji kopi termahal dunia. (YT Haryono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama ini Dubaiu dikenal dengan minyaknya, bukan kopi. Namun pada 30 September 2017 mendatang, Dubai bakal erat hubungannya dengan kopi sebagai tuan rumah biji kopi termahal dunia. 

Sebuah ajang mencicipi kopi bertajuk 601 Experience akan memberikan kesempatan bagi pencinta kopi Dubai untuk menyesap kopi yang diseduh dari biji kopi Panama Hacienda La Esmeralda Cañas Verdes bagian dari Montana Geisha Natural.

Kedai lokal, Seven Fortunes Coffe Roaster, menjadi bagian dari 601 Experience yang nantinya akan menjual kopi termahal dunia tersebut.

"Pasar UAE haus untuk kopi dan saya bangga menjadi orang yang membawa pengalaman pemecah rekor ini ke Dubai," tutur Karim Hassan pemilik Seven Fortunes.



Dikutip dari Extra Crispy, biji  kopi dipanen dari lereng gunung tertinggi di Panama, Volcan Baru. Biji kopi tersebut mencetak rekor tertinggi dalam kopetisi kopi Best of Panama dengan meraih 94.115 poin. Biji kopi kemudian dilelang sebesar US$1324 (Rp17 Juta) per kilo.

Untuk menyesap 'kopi termahal' tersebut pengunjung bisa harus sebesar 250 dirham atau US$68 (900 ribu) per cangkirnya. Tak cuma itu, mereka juga masih bisa bisa membawa pulang 15 gram biji langka yang diproses secara alami.

Selain itu, jika pengunjung membayar 550 dirham atau US$149 (Rp1,9 Juta) mereka akan mendapatkan 15 gram biji kopi yang dipanggang di tempat serta 50 gram untuk dibawa pulang.

Tampaknya, 'rayuan' biji kopi termahal di dunia ini akan membuat banyak orang berebut. Pasalnya, biji kopi termahal ini hanya tinggal tersisa 45,5 kg lagi.

Meskipun begitu ini bukan pertama kalinya 601 Experience dilaksanakan. Pada 25 Agustus lalu 601 Experience berlangsung di Sydney, Australia. Biji kopi yang ditawarkan juga berasal dari Panama Hacienda La Esmeralda Cañas Verdes.

Namun, harga yang ditawarkan juga berbeda. Untuk US$55 (Rp700 ribu) pengunjung bisa memeroleh 15 gram biji kopi panggang Esmeralda Geisha Cañas Verdes dan untuk US$121 (1,6 juta) pengunjung memeroleh 50 gram biji kopi. Alhasil tetap Dubai yang memegang predikat sebagai rumah kopi termahal dunia.