Tiga Langkah Siasati Cuaca Panas agar Tetap Terhidrasi

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 20/09/2017 14:29 WIB
Selain minum air putih yang banyak, seseorang dianjurkan untuk perbanyak asupan buah-buahan, salad, sayuran serta camilan sehat saat cuaca panas. Selain minum air putih yang banyak, seseorang dianjurkan untuk perbanyak asupan buah-buahan, salad, sayuran serta camilan sehat saat cuaca panas. (Foto: Thinkstock/Wavebreakmedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepekan terakhir, cuaca panas dan terik melanda sejumlah daerah di Indonesia, dari Sumatera, Jakarta hingga Nusa Tenggara. Deputi Klimatologi BMKG, Mulyono Prabowo menegaskan kondisi tersebut masih akan terjadi hingga akhir September nanti.

Mulyono menyampaikan dalam beberapa hari sebelum dan sesudah 23 September, suhu udara di Indonesia akan lebih tinggi ketimbang waktu lain di luar bulan September. Suhu berkisar antara 34 hingga 37,5 derajat Celcius.

Meski tampak sepele, cuaca yang cukup ekstrem bisa mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit, khususnya jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Oleh karenanya, untuk menyiasati cuaca panas itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.


Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa langkah praktis tersebut:


Minum air putih dua sampai empat gelar setiap jam

Saat cuaca panas, penting untuk tetap menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik yakni dengan konsumsi air sebanyak mungkin. Jangan tunggu haus, tetap minum secara teratur. Jika bisa, minum sebanyak dua sampai empat gelas air setiap jam, tapi tidak sekaligus.

Cara praktis untuk mengecek tubuh terhidrasi baik atau tidak adalah dengan melihat warna urine. Urine berwarna cerah cenderung bening artinya tubuh terhidrasi dengan baik. Sebaliknya, jika urine berwarna keruh cenderung gelap, maka asupan cairan perlu ditambah.

Tiga Langkah Siasati Cuaca Panas agar Tetap TerhidrasiMinum sebanyak dua sampai empat gelas air setiap jam, tapi tidak sekaligus. (Foto: tookapic/Pixabay)

Konsumsi makanan yang tepat

Saat cuaca panas, perbanyak asupan buah-buahan, salad, sayuran serta camilan sehat. Cukup makan makanan secara teratur dan tidak dianjurkan untuk makan banyak dalam satu waktu. Mencerna makanan dalam jumlah besar dapat meningkatkan suhu tubuh.

Jenis makanan kaya protein seperti kacang dan daging dapat meningkatkan suhu panas tubuh. Kacang dan pretzel bergaram mampu menolong saat tubuh banyak berkeringat. Selain itu, minum minuman yang mengandung elektrolit seperti jus buah juga cepat mengembalikan cairan tubuh.

Tiga Langkah Siasati Cuaca Panas agar Tetap TerhidrasiSaat cuaca panas, perbanyak asupan buah-buahan, salad, sayuran serta camilan sehat. (Foto: Thinkstock/cyano66)


Hindari sinar matahari

Sebisa mungkin, hindari terpaan atau terkena sinar matahari langsung. Namun jika terpaksa beraktivitas di luar ruangan, pakai busana longgar dengan warna cerah atau putih yang memantulkan panas. Pakaian warna gelap atau hitam hanya akan menyerap panas. Selain itu, kenakan penutup kepala untuk mencegah migrain atau sakit kepala yang dipicu sinar matahari.

Tiga Langkah Siasati Cuaca Panas agar Tetap TerhidrasiSebisa mungkin, hindari terpaan atau terkena sinar matahari langsung (Foto: Thinkstock/StockRocket)

Di samping itu, penting untuk memastikan kulit juga terlindung dari sinar ultraviolet. Seseorang ada baiknya menggunakan tabir surya untuk menghindari kulit terbakar. Bisa juga dengan menggunakan pakaian lengan panjang yang ringan. (rah/rah)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK