Memangku Laptop Bisa Bikin Kualitas Sperma Buruk

Filani Olyvia, CNN Indonesia | Rabu, 20/09/2017 17:55 WIB
Memangku Laptop Bisa Bikin Kualitas Sperma Buruk Memangku laptop dalam jangka waktu lama berisiko buruk buat pria. Suhu panas laptop akan membuat mereka bermasalah dengan kesuburan,dan kualitas sperma. (Foto: Thinkstock/Purestock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak hal yang menyebabkan pasangan suami istri sulit mendapatkan momongan. Salah satu diantaranya adalah masalah kesuburan, termasuk kualitas sperma suami.

Selain masalah genetik dan gaya hidup tidak sehat, ada beberapa kebiasaan yang turut memengaruhi kualitas sperma dan kesuburan pria. Di antaranya, memangku laptop dalam jangka waktu lama. 

Meski tampak sepele, sejumlah penelitian yang pernah dilakukan oleh sejumlah universitas di AS mengungkapkan hal tersebut. Penyebabnya ditengarai karena suhu panas yang terpancar dari laptop ke area sekitar selangkangan dan mengenai bagian reproduksi.



Dr. Yefim Sheynkin dari State University of New York di Stony Brook, AS, mengungkapkan memangku laptop dalam jangka waktu lama membuat suhu pada skrotum meningkat secara signifikan.

"Kami menemukan fakta bahwa saat memangku laptop di paha, suhu skrotum pada alat reproduksi pria meningkat secara signifikan," kata Sheynkin, seperti dikutip dari Time, beberapa waktu lalu.

Skrotum sebagai salah satu bagian dari organ reproduksi pria mestilah terjaga suhunya. Kantong kulit yang menggantung di bagian bawah belakang alat vital pria ini berperan sebagai pembungkus testis. Dalam keadaan normal, testis yang berada di luar bagian tubuh temperaturnya memang lebih dingin beberapa derajat dari organ yang terletak di bagian dalam tubuh.

Hal ini diperlukan untuk memproduksi sperma, karena untuk menghasilkan sperma yang cukup banyak dan bermutu, testis perlu suhu ideal.


Setelah satu jam memangku laptop di paha, temperatur testis seorang pria akan meningkat hingga hampir 5 derajat Fahrenheit atau setara dengan 2,5 derajat Celcius.

Skrotum sendiri sangat sensitif terhadap panas dalam bentuk apapun. Padahal pemanasan suhu sebesar 1 derajat Celcius saja dapat berpengaruh terhadap produksi sperma pria.

"Faktor panas memang punya pengaruh buruk terhadap kondisi kesuburan," ujar Sheynkin.

Tidak hanya itu. Posisi duduk saat memangku laptop juga berpengaruh. Sheynkin menemukan bahwa orang yang memangku laptop di atas paha dengan posisi kaki tertutup rapat akan mengalami peningkatan suhu lebih cepat dibandingkan orang yang duduk dengan posisi kaki melebar atau bersila.


Selain itu, penggunaan bantal maupun pendingin laptop tidak bisa berbuat banyak untuk menjaga suhu testis. Terlalu sering menghabiskan waktu memangku laptop dikhawatirkan juga akan memengaruhi vitalitas sperma seorang pria.

"Jika setiap hari terkena paparan panas laptop, suhu testis Anda akan tetap tinggi setiap saat. Sehingga tidak cukup waktu untuk kembali pada suhu normal," kata dia.

Oleh sebab itu, bagi para pria menikah yang ingin segera menimang anak, suhu panas di sekitar skrotum dan testikel haruslah tetap terjaga, dan sebisa mungkin hindari paparan panas berlebih pada tubuh.