Jokowi Minta UKM Kerajinan Tangan Jadi Lebih 'Gaul'

Christie Stefanie , CNN Indonesia | Rabu, 27/09/2017 14:44 WIB
Jokowi Minta UKM Kerajinan Tangan Jadi Lebih 'Gaul' Presiden Joko Widodo menyarankan perajin Indonesia untuk memodernisasi industri kerajinan dari perolehan bahan baku hingga pemasaran. (CNN Indonesia/Denny Aprianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyarankan perajin Indonesia untuk memodernisasi industri kerajinan dari perolehan bahan baku hingga pemasaran.

Menurutnya, hal itu nantinya akan membantu meningkatkan pemasukan dan meningkatkan industri kerajinan.

UKM-UKM terutama yang memiliki produk serupa disarankan tidak berjalan sendiri-sendiri. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu upaya memaksimalkan potensi industri kerajinan Indonesia.

"Bangun kelompok besar perajin. Harus konsolidasi supaya skala ekonomi besar," ujar Jokowi di JCC, Rabu (27/9).


Modernisasi industri kerajinan dapat berupa menyewa tempat kerja bersama dengan perajin produk serupa. Kantor bersama (co-sharing office). Hal ini sudah dilakukan di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

"Ini akan lebih efisien dan lebih murah dibandingkan berjalan sendiri," tutur pengusaha kayu ini.

Selain sewa kantor bersama, Jokowi juga menyarankan untuk menyewa fotografer andal bersama. Menurutnya, hal itu diperlukan guna menghasilkan gambar-gambar produk yang menarik perhatian calon pembeli.

Tak cuma itu, Jokowi sendiri juga menyarankan untuk memanfaatkan media sosial demi meningkatkan perekonomian. Dengan kualitas produk dan foto yang optimal, gambar produk tadi dapat diunggah ke Instagram, Facebook, Twitter, dan akun media sosial lainnya sebagai media promosi.

"Jadi kita harus kreatif. Jualannya di Yogyakarta, Bandung, tapi yang beli dari berbagai negara karena dilihat promosinya. Peluang itu yang harus dikejar," ucap mantan Wali Kota Solo ini.


ARTIKEL TERKAIT