Wafat di Usia 91, Hugh Hefner 'Playboy' Pernah Stroke

Rahman Indra, CNN Indonesia | Kamis, 28/09/2017 11:08 WIB
Pendiri majalah Playboy, Hugh Hefner meninggal dunia di usia 91 tahun. Ia pernah stroke dan kerap menghindari perbincangan soal kematian. Pendiri majalah Playboy, Hugh Hefner meninggal dunia di usia 91 tahun. Ia pernah stroke dan kerap menghindari perbincangan soal kematian. (Foto: REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri majalah Playboy, Hugh Hefner meninggal dunia di usia 91 tahun. Kabar ini dirilis resmi pernyataan Playboy Enterprises, pada Kamis (28/9). Majalah itu menyebutkan, Hefner meninggal dunia 'dengan tenang karena usia yang sudah lanjut di kediamannya.'

Mimpi Hefner mendirikan majalahnya sendiri dimulai dari menjadi copy editor di Esquire di 1952, dan berlanjut di tahun berikutnya ketika punya cukup modal untuk mendirikan Playboy.

Pada isu perdana di Desember 1953 majalah Playboy menampilkan aktris legendaris Marilyn Monroe sebagai sampulnya, dan sejak itu pula majalah porno ini menjadi penghasil uang - termasuk seri televisi, website, DVD dan diikuti berbagai merchandise.


Melansir The Huffington Post, pada Kamis (28/9), Hefner menjadi ikon Playboy sejak 1960. Ia terkenal dengan busana khasnya berjaket, pipa rokok dan kemanapun ia pergi selalu ada perempuan cantik yang berada di sampingnya.

Selain itu, Hefner merilis sejumlah klub yang dipandu oleh para perempuan seksi yang kemudian disebut Bunnies' berkat seragam ikoniknya yang termasuk telinga kelinci.


Sakit stroke

Hefner bermasalah dengan kesehatannya pada 1985, ketika ia menderita stroke minor beberapa pekan setelah perayaan hari jadinya yang ke 59 tahun. Ini membuka matanya akan faktor kesehatan.

"Saya bertahan dari stroke dua pekan lalu," ungkap Hefner dalam sebuah pernyataan resmi.



"Recovery saya total dan sebuah keajaiban. Apa yang terjadi sebenarnya 'stroke keberuntungan' yang saya ekspektasi akan mengubah arah hidup saya."

Ia lalu menyerahkan kerajaan bisnis pada putrinya Christie, yang kemudian menjadi presiden Playboy Enterprises sejak 1982, dan menjadi CEO pada 1988.

Wafat di Usia 91, Hugh Hefner 'Playboy' Pernah StrokeFoto: REUTERS/Fred Prouser

Pada THR, Hefner pernah mengungkapkan dirinya tidak takut pada kematian, dan tak percaya pada kehidupan setelah kematian.

Namun, itu tak bertahan lama. Pada 2012, Hefner mengumumkan putranya Cooper yang saat itu berusia 21 tahun menjadi wajah baru untuk perusahaan yang dibangunnya.

Hefner dan Playboy sempat bikin heboh ketika memutuskan untuk berhenti menerbitkan majalah dengan foto model telanjang, dan memilih Pamela Anderson sebagai sampul model terakhirnya pada isu Januari/Februari 2016.

Sejak saat itu pula, Hefner memutuskan akan tinggal di Playboy Mansion, bangunan dengan 29 kamar di West Los Angeles hingga kematiannya. Wafat di usia 91 tahun, Hefner meninggalkan istrinya Crystal, dan anak-anaknya Cooper, Christie, Marston dan David. (rah/rah)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK