Mega Travel Fair 2017

7 Kuliner Khas Makassar yang Wajib Dicoba

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 05/10/2017 09:19 WIB
7 Kuliner Khas Makassar yang Wajib Dicoba Dari Coto Makassar sampai Es Pisang Ijo, Makassar menyuguhkan ragam kuliner yang sudah pasti enak disantap selagi berwisata ke sana. (Ilustrasi/soto/Foto: Thinkstock/Didoi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak tempat makan khas Makassar yang bisa ditemui di Jakarta. Tapi, yang paling mantap memang menyicipinya langsung di kotanya.

Jika ada kesempatan datang ke Makassar, berikut ini ialah makanan yang wajib dicicipi:


1. Coto Makassar


Makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga dan turis di Makassar. Coto Makassar berupa sup berbahan dasar daging sapi dengan racikan rempah. Selain nasi, bisa juga disantap dengan ketupat.

[Gambas:Instagram]

2. Mie Titi

Mie kering khas Makassar ini memiliki sensasi yang berbeda dengan mie pada umumnya. Mie bertekstur padat dan garing ini, memiliki ciri khas dengan kuah kentalnya.

Kuah kental berbahan dasar kaldu ayam, tepung kanji, telur, serta beragam bumbu rempah. Sebagai pelengkap, ditambahkan pula irisan daging ayam, jamur, udang, cumi, dan irisan jeruk nipis.

Sensasi gurih pada mie bertekstur garing semakin menambah cita rasa yang unik.

[Gambas:Instagram]

3. Sop Konro

Sop Konro berbahan dasar dari kluwak, lengkuas, ketumbar, dan kapulaga. Maka wajar saja jika tampilan warna dari kuahnya yang hitam, terlihat seperti Rawon.

Daging dan iga sapi yang empuk dengan balutan lemak menjadi alasan mengapa makanan ini disebut dengan ‘konro’ yang berarti iga.

Sebagai pelengkap, Sop Konro disajikan bersama dengan ketupat.

Seiring berjalannya waktu, Sop Konro memiliki variasi dalam penyajiannya yakni Konro Bakar. Iga sapi akan dibakar menggunakan bumbu rempah-rempah.

[Gambas:Instagram]

4. Pallubasa

Pallubasa menyajikan kuah kental yang dihasilkan dari kelapa parut sangrai, sehingga rasanya gurih.

Berbeda dengan Coto Makassar dan Sop Konro yang menggunakan bahan pelengkap berupa ketupat, Pallubasa menggunakan nasi putih hangat.

Biasanya Pallubasa disajikan selagi panas, dituang secara langsung ke dalam mangkuk kecil. Pelengkap sajiannya berupa telur ayam kampung mentah.

Meski demikian, rasa gurih yang dihasilkan dari kuah kental tidak akan berasa amis karena adanya perpaduan kelapa parut sangrai.

[Gambas:Instagram]


5. Jalangkote

Makanan ringan jika dilihat dari teksturnya hampir serupa dengan pastel. Hanya saja, kulitnya lebih tipis.

Bahan dasarnya dari tepung terigu dan mentega, dengan isian kentang, wortel, tauge, telur, mie atau bihun.

Perbedaan yang paling mencolok jika dibandingkan dengan pastel ialah ada pada cara makannya.

Pengunjung dapat menyantap makanan ini bersama dengan sambal cair yang dibuat dari campuran cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir dan yang tidak boleh ketinggalan ialah cuka.

[Gambas:Instagram]

6. Pisang Epe

Nama camilan manis ini berarti pisang yang dijepit diantara dua bilah kayu. Nama unik tersebut berasal dari cara mengolah pisangnya.

Pisang berjenis kepok akan dipipihkan lalu dipanggang di atas bara api.

Setelah itu, pisang akan disiram saus gula aren dengan tambahan parutan kelapa, yang menambah rasa manis dan gurih saat disantap.

Saat ini, Pisang Epe memiliki berbagai macam varian yang tersedia mulai dari rasa cokelat, keju, hingga durian.

[Gambas:Instagram]

7. Es Pisang Ijo

Jajanan manis khas Makassar lainnya ialah Es Pisang Ijo.

Berbahan dasar dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, bubur sumsum, sirup merah, saus santan, dan susu kental manis putih dengan tambahan es serut.

Adonan pisang berwarna hijau dihasilkan dari perasan daun pandan yang kemudian dibentuk menyerupai sebuah pisang utuh. Bahan pewarna alami yang digunakan dalam makanan ini menghasilkan warna yang cantik.

Pisang yang biasa digunakan berjenis raja.

Biasanya Es Pisang Ijo disajikan secara dengan es serut dan sirup berwarna merah.

[Gambas:Instagram]


Mega Travel Fair juga sedang berlangsung di Mal Trans Studio Makassar pada 5-8 Oktober 2017.

Di sana, turis bisa memesan tiket penerbangan dan paket wisata ke Eropa yang dibanderol mulai dari Rp9,2 jutaan per orang.

Khusus pengguna Kartu Kredit Bank Mega dan Mega Travel Card tentu saja ada lebih banyak penawaran yang menarik.

[Gambas:Instagram]

Info lengkap Mega Travel Fair 2017 bisa diketahui lebih lanjut melalui www.bankmega.com atau melalui MEGACALL di 60010 (HP) atau 1500010 (PTSN).

Pantau terus Mega Travel Fair 2017 di akun media sosial Bank Mega melalui Instagram, Twitter (@BankMegaID) dan Facebook (Bank Mega Indonesia).