Jadwal Cuti Bersama PNS Masih Harus Tunggu Keppres

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 05/10/2017 19:45 WIB
Terkait beredarnya jadwal libur nasional dan cuti bersama, BKN tegaskan bahwa cuti bersama PNS masih harus menunggu keputusan presiden. Terkait beredarnya jadwal libur nasional dan cuti bersama, BKN tegaskan bahwa khusus untuk PNS, masih harus menunggu keputusan presiden. (kpgolfpro/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daftar libur nasional dan cuti bersama berdasar aturan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri menimbulkan banyak pertanyaan publik, khususnya bagi Pegawai Negeri Sipil.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah daftar libur nasional dan cuti bersama ini juga berlaku bagi PNS? Terkait hal ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya mengeluarkan pernyataannya.

Dalam surat keterangan resmi BKN yang diterima dan sudah dikonfirmasi oleh CNNIndonesia.com, BKN menuliskan bahwa cuti bersama PNS masih menunggu persetujuan dari presiden.



"Terkait terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 (tiga) Menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Nomor 707 Tahun 2017, Nomor: 01/SKB/MENPANRB/09/2017 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018, memunculkan pertanyaan publik tentang peruntukan ketentuan dalam SKB tersebut.

Bersama siaran pers ini, BKN sebagai instansi yang memiliki fungsi Pembinaan Penyelenggaraan Manajemen ASN (UU Nomor 5 tahun 2014, pasal 47 huruf a) menyampaikan bahwa sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS, pasal 333 ayat 4, cuti bersama bagi PNS ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

PP Nomor 11 Tahun 2017
Pasal 333

1. Presiden dapat menetapkan cuti bersama;

2. Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada ayat 1 tidak mengurangi hak cuti tahunan;

3. PNS yang karena jabatannya tidak berikan hak atas cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan;

4. Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan Presiden."

Dalam pernyataan tertulisnya tersebut, Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengungkapkan bahwa, surat ini diterbitkan untuk mencegah kesimpangsiuran informasi mengenai ketentuan cuti bersama bagi PNS.

"Yang pasti kami hanya menjawab pertanyaan (dari) PNS yang masuk tentang ketentuan cuti bersama bahwa soal itu (cuti bersama) mengacunya pada Keppres," kata Diah Palupi, Humas BKN kepada CNNIndonesia.com.

"Intinya untuk cuti bersama PNS masih menunggu Keppres."
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK