Uniknya Bihun Ajaib yang Bisa Berubah Warna

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 09/10/2017 07:05 WIB
Uniknya Bihun Ajaib yang Bisa Berubah Warna ilustrasi: Sebuah restoran di New York memiliki menu unik yaitu bihun yang bisa berubah warna (AFP PHOTO / Isaac LAWRENCE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mi identik dengan makanan berbentuk memanjang berwarna putih dan tersaji bersama kuah atau digoreng bersama kecap dan saus. Di Indonesia sendiri, ada beragam olahan mi seperti mi ayam, mi Bangka juga mi telur. Tak cuma di Indonesia, sebagian besar negara di dunia juga mengolah mi dengan cara yang sama.

Namun seolah ingin menghadirkan kreasi mi lainnya, sebuah restoran di New york, Amerika Serikat menyajikan hidangan mi 'ajaib'. 

Thaimee at MacCarren, sebuah restoran Thailand di dalam McCarren Hotel & Pool di Williamsburg menyajikan mi yang bisa berubah warna. Dilansir dari The Daily Meal, "Magic Noodle Salad" atau Yum Woon Sen Dork Un Chun adalah mi berwarna biru yang berubah menjadi warna ungu cantik saat dibaluri perasan jeruk nipis.


Hanya saja sebenarnya, mi yang dipakai di restoran tersebut bukanlah mi instan yang dikenal, melainkan bihun. 

[Gambas:Instagram]

Koki Hong Thaimee mendapatkan warna biru dari kembang telang. Mi atau bihun ini disajikan dengan tomat, daun mint, bawang merah, saus pedas, dan daging sesuai pilihan konsumen.


Trik ini sebelumnya pernah diterapkan oleh A.J, seorang food blogger dari Indigo Kitchen. Mengutip Cosmopolitan, inspirasinya sendiri datang dari dari permainan makanan atau unicorn food game. Permainan ini menuntut pesertanya menciptakan sajian unik, bahkan sajian bisa saja dihiasi dengan kilap.

[Gambas:Instagram]

Berbeda dengan koki Hong, A.J. mendapat warna biru dari kubis ungu. Cara membuatnya pun mudah. Kubis ungu didihkan selama 5 menit. Setelah itu, masukkan mi atau bihun yang berwarna putih bening, rendam selama 5-19 menit. Mi atau bihun ini lama-kelamaan akan berubah menjadi biru.

Jika ingin mendapatkan warna biru pekat, masak mi hingga air rebusan kubis tinggal sedikit. Setelah mencapai warna yang diinginkan, mi pun ditiriskan dan ditambah perasan jeruk nipis atau lemon.