Mengulik Makna di Balik Kacamata Hitam Syahrini

Rahman Indra , CNN Indonesia | Senin, 09/10/2017 20:31 WIB
Mengulik Makna di Balik Kacamata Hitam Syahrini Penyanyi Syahrini kembali mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus dugaan penipuan First Travel. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Syahrini kembali mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan penipuan yang dilakukan oleh First Travel. 

Ia tiba di Bareskrim Polri sekitar pukul 12.00 WIB, pada Senin (9/10) WIB didampingi kuasa hukumnya Hotman Paris Hutapea.

Ini bukan kali pertama ia mengenakan kacamata hitam yang modis dengan ukuran yang besar dan mencuri perhatian publik. Pada kedatangan sebelumnya akhir September lalu, ia juga mengenakan kacamata hitam yang cukup besar.

Mengenai ini, Psikolog Livia Iskandar menuturkan pilihan akan kacamata hitam itu bukanlah karena ingin pamer (show off) bahwa itu kacamata hitam mahal, atau memberi kesan misterius. 



"Saya rasa bukan masalah misterius, tetapi mata adalah 'the window of our souls' atau jendela jiwa, bisa jadi ada sesuatu yang ingin disembunyikan," ujarnya.

Mengulik Makna di Balik Kacamata Hitam SyahriniSyahrini saat pemeriksaan akhir September lalu. (Foto: CNN Indonesia/Tiara Sutari)

Lebih jauh, Livia menuturkan, seseorang yang berbohong akan tampak atau kelihatan dari matanya. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa pada saat kita sedang mengarang sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan, mata kita akan melihat ke atas, ke kiri dan kanan.

"Secara penelitian, orang yang berbohong itu akan kelihatan dari matanya, apalagi kalau orang itu ekspresif," ujarnya. 


"Menurut saya, ada sesuatu yang disembunyikan, kalau tidak kenapa pakai kacamata hitam," tambah dia. 

Dilihat dari fungsinya, kacamata hitam digunakan untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Pada Syahrini, bisa jadi ini berlaku, dan termasuk saat melindungi mata dari sorotan blitz.

"Sah saja di luar ruang, tapi kalau sudah dalam ruangan, mestinya dilepas supaya ada kontak mata," ujar dia.