Cara Tepat Buat Pasta Karbonara Seenak di Restoran

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Kamis, 12/10/2017 20:09 WIB
Cara Tepat Buat Pasta Karbonara Seenak di Restoran Bisakah membuat pasta karbonara sendiri seenak di restoran?(NguyenPhamDang/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Karbonara menjadi salah satu saus pasta yang banyak disukai.

Siraman saus krim dengan tambahan sensasi kenyalnya helaian pasta membuat sajian pasta karbonara jadi lebih nikmat. Namun bisakah membuat pasta karbonara sendiri seenak di restoran?

Untuk membuat pasta karbonara enak, Anda harus membutuhkan wajan datar besar yang bisa memuat semua pasta kering yang ingin dibuat. Jika menggunakan spagheti, pastikan semua bagiannya menyentuh wajan. Jika tak bisa maka gunakan pasta jenis lainnya.

Setelah semua bagiannya menyentuh permukaan wajan, tambahkan garam, air dingin setinggi 10 cm dari permukaan pasta, dan tutup wajan. Masak pasta dengan api besar.

Sementara memasak pasta, tumis irisan daging atau ayam dalam wajan kecil. Ketika hampir setengah matang, tambahkan bawang cincang. Masak sampai semuanya matang. Sisihkan.

Di mangkuk lain, kocok telur sampai tercampur rata kemudian tambahkan keju.

Ketika rebusan pasta mulai mendidih, aduk memutar agar pasta tak menempel satu sama lain. Kemudian setelah pasta matang, ambil pasta dan masukkan ke dalam mangkuk berisi campuran telur dan keju.

Yang harus diingat, jangan menyaring pasta dari sisa sausnya. Gunakan sisa telur ini sebagai saus untuk melapisi pasta lain yang masih Anda. Jangan takut telur mentah. Pasalnya, telur ini akan matang karena sisa panas yang masih tersimpan di dalam pasta.

Saat disajikan, tambahkan tumisan daging dan bawang. Campur rata bersama dengan parutan keju.