6 Manfaat Minum Air Kelapa di Pagi Hari

Elise Dwi Ratnasari , CNN Indonesia | Senin, 16/10/2017 13:17 WIB
6 Manfaat Minum Air Kelapa di Pagi Hari Dengan kandungan potasiumnya yang tinggi, air kelapa memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk meredam sakit kepala, tapi juga kekebalan tubuh. (Foto: CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seringkali seseorang meyakini jika sedang hangover pada malam hari, atau ada masalah sakit kepala, dianjurkan untuk minum air kelapa. Meski tidak tahu pasti manfaatnya apa.

Oleh karenanya, suatu kali National Nutrient Database for Standard Reference AS pernah mengeluarkan data yang menyebutkan segelas air kelapa mengandung 600 miligram potasium. Manfaat berlebih dari poasium di air kelapa inilah yang membuat orang-orang mencarinya di pagi hari, khususnya bagi yang menghabiskan malam dengan minuman alkohol atau begadang.

"Jika kamu hangover malam sebelumnya, air kelapa dapat menjadi konsumsi pilihan saat memulai hari," ungkap Arthur Gallego, global director of corporate communications Vita Coco, seperti dilansir dari Extra Crispy, beberapa waktu lalu. 


Selain itu, komposisi air kelapa yang terdiri dari 95 persennya air, menurut USDA baik untuk memenuhi kebutuhan air tubuh. Konsumsi air kelapa tidak hanya dianjurkan bagi yang hangover, tapi juga memberi manfaat lain, tak ubahnya minuman berenergi.

Publik juga disebutkan tak perlu khawatir dengan perut kosong saat mengkonsumsi air kelapa. Karena menurut Gallego makanan yang membuat perut bermasalah di pagi hari ketika makanan yang mengandung asam.

Di balik kesegaran air kelapa, terdapat segudang nutrisi yang bisa diperoleh. Air kelapa mengandung potasium, sodium, vitamin C, kalisium, asam fosfat, zat besi, magnesium dan fosfor. Dilansir dari berbagai sumber, berikut setidaknya, enam manfaat air kelapa.

1. Atasi Sakit Kepala

Jika pada malam harinya kepala terasa sakit, maka air kelapa jadi minuman yang pas untuk memulai hari. Saat kepala terasa sakit atau migrain, orang cenderung mencari obat di apotek atau warung, padahal ada obat tradisional yang lebih aman. Sakit kepala bisa dipicu oleh dehidrasi, sehingga minum air kelapa bisa menyuplai elektrolit bagi tubuh dan mengatasi dehidrasi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung magnesium yang mampu meredakan migrain. Tak perlu khawatir minum air kelapa dalam keadaan perut kosong karena kandungan asamnya yang rendah, sehingga aman untuk lambung.


2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Air kelapa kaya akan nutrisi seperti riboflavin, niasin, thiamin dan piridoksin juga folat. Ia juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Air kelapa juga mampu melawan infeksi virus seperti virus influenza.

3. Awet Muda

Air kelapa juga punya manfaat untuk kecantikan. Ia mengandung sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan, yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Sitokinin punya efek antipenuaan. Ia juga dapat menyeimbangkan kadar pH tubuh dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

4. Bantu Turunkan Berat Badan

Meski digolongkan minuman sehat, konsumsi air kelapa paling baik cukup satu gelas per hari. Namun, satu gelas ini cukup bisa memberikan rasa kenyang sehingga makan akan cenderung lebih sedikit. Tiap 30 miligram air kelapa hanya mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.


5. Menyehatkan Pencernaan

Air kelapa dikenal bisa mengatasi segala penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Jika terkena diare, pasti semua langsung menyarankan untuk minum air kelapa. Osmolaritas, atau proses perpindahan zat ke larutan lain melalui membran sel semipermeabel, air kelapa lebih besar dibanding ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.

Selain diare, air kelapa juga digunakan untuk mengobati konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

6. Mengatur Tekanan Darah, Gula Darah, dan Kolesterol

Bila dikonsumsi secara teratur, air kelapa mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Ia dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik, mengurangi pembentukan plak pada gigi, mengatur penyerapan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin.


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA