Desainer Baju Pengantin Kahiyang: Kebayanya Jawa Klasik

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Selasa, 17/10/2017 19:59 WIB
Desainer Baju Pengantin Kahiyang: Kebayanya Jawa Klasik Desainer Tuti Adib dipercaya merancang busana pernikahan putri kedua Jokowi, Kahiyang Ayu. Ia menuturkan akan menggunakan desain kebaya Jawa klasik. (Foto: Screenshoot via Instagram/@bobbynst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer busana muslim Tuti Adib kembali dipercaya untuk menjadi perancang busana pernikahan putri kedua Jokowi dan Iriana Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

"Iya betul, saya yang merancang baju pengantin mbak Kahiyang," kata Tuti Adib saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (17/10).

Baju pengantin Kahiyang, kata Tuti, didesain dengan menggunakan desain Jawa klasik.

"Ini permintaan dari keluarga bapak (Pak Jokowi), karena beliau kan memang asli Solo jadi pakai adat jawa," ucapnya.

"Kami sama-sama sepakat pakai adat Jawa. Diskusi bareng, bahas bareng bersama ibu Iriana dan mbak Kahiyang mau look yang seperti apa."


Butuh waktu beberapa bulan untuk Tuti mendesain baju pengantin Kahiyang. Namun, kebaya buatannya ini dikatakannya punya perbedaan dengan kebaya yang dipakai Selvi Ananda, kakak ipar Kahiyang saat menikah dengan Gibran Rakabuming Raka pada 2015 lalu.

Hanya saja, Tuti masih enggan menjelaskan lebih detail soal kebaya buatannya.

"Yang pasti berbeda dengan punya mbak Selvi. Tapi yang lainnya soal detail, inspirasi, warna kebaya, tahun berapa (inspirasinya) saya belum bisa bilang," ucapnya sembari tertawa.

"Untuk pernikahan mba Kahiyang ini, saya mendesain busananya dari siraman, midodareni, ijab kabul, sampai resepsi nanti."

Tak cuma mempersiapkan kebaya pernikahan untuk Kahiyang, Tuti juga mempersiapkan kebaya untuk Iriana Jokowi dan juga Selvi Ananda.


Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sendiri akan digelar di Solo, Jawa Tengah, pada 8 November 2017. Semakin mendekati hari H, Tuti mengaku persiapan kebaya pengantin Kahiyang sudah mendekati selesai. Sampai saat ini, sudah 80-90 persen persiapan kebaya pengantinnya selesai.

"Saya sangat bersyukur pastinya. Alhamdulillah diberikan kepercayaan lagi untuk mempersiapkan pernikahan mbak Kahiyang. Apalagi ini kan putri satu-satunya bapak (Jokowi). Bangga juga karena terlibat di momentum khusus ini."