Kostum Nasional Mbok Jamu Siap Curi Hati Miss International

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 18/10/2017 19:00 WIB
Kostum Nasional Mbok Jamu Siap Curi Hati Miss International Kostum dengan dominasi warna ungu ini bertajuk "Mbok Jamu dan Ramuan Rahasia Kuno" atau "Mbok Jamu and Ancient Secret Potion". (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat Dea Goesti Rizkita berjuang demi mendapat mahkota Miss Grand International 2017 di Vietnam, Runner Up 1 Puteri Indonesia 2017, Kevin Lilliana akan bersaing dalam ajang Miss International 2017.

Ajang Miss International ini akan berlangsung di Tokyo, Jepang pada 14 November 2017 mendatang. Kontes kecantikan tersebut akan diikuti oleh 65 perempuan cantik dari berbagai negara.

Sebagai awal kontes, 65 orang kontestan harus mengikuti babak karantina pada 25 Oktober 2017.


Seperti kontes kecantikan dunia lainnya, Miss International juga mengharuskan pesertanya memamerkan kostum nasional atau national costume dari negaranya masing-masing.

Jika Dea Rizkita membawa kostum nasional yang menghebohkan dengan tambahan candi di ekor gaunnya, Kevin membawa kostum nasional yang lebih sederhana.

Jelang keberangkatannya ke Jepang, hari ini Kevin memamerkan kostum nasional atau national costume yang akan ia kenakan. Kostum dengan dominasi warna ungu ini bertajuk "Mbok Jamu dan Ramuan Rahasia Kuno" atau "Mbok Jamu and Ancient Secret Potion".

Annisa Febby, desainer kostum, menuturkan kostum nasional Kevin terinspirasi dari unggahan Imam Syafei, seorang pageant lovers Indonesia. Ia khusus meminta izin Imam untuk mendesain kembali unggahan foto mbok jamu miliknya.

Kevin Liliana akan memakai kostum nasional bergaya mbok jamuKevin Liliana akan menggunakan kostum nasional bergaya mbok jamu. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

"Untuk warna, kemarin pilihannya ada merah, hijau sama ungu. Pilihan jatuh ke warna ungu, karena menurut YPI (Yayasan Puteri Indonesia), ungu lebih hidup dan cewek banget sesuai sama mbok jamunya," tutur Annisa saat ditemui usai konferensi pers di Aula Sasono Wiwoho Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Hanya saja kostum penjual jamu yang identik dengan kebaya ini dibuat lebih meriah dan elegan.

Kostum mbok jamu yang dijadikan kostum nasional ini pun dibuat dengan warna ungu. Kebaya ungu Kevin dibuat dengan siluet one shoulder beraksen payet yang digabungkan dengan gaya bustier di satu sisinya.

Bagian pinggangnya diikatkan sebuah kain berwarna ungu yang berfungsi sebagai 'obi' dari kain jumputan. yang lebih kontras dengan kebayanya.

Sedangkan sebagai bawahannya, kain batik dengan dominasi warna ungu dan emas jadi pilihan.

"Itu batiknya namanya dilem sempleh, itu semacam bunga dari Banyuwangi dan sudah jarang ditemui. Filosofinya tentang keanggunan, kecantikan, pokoknya yang cewek-ceweklah," jelas Annisa.

Kevin tak hanya mengenakan kostum ala mbok jamu, tapi juga caping, ember kecil rotan, dan bakul berisi botol-botol jamu. Bakul rotan, ember rotan, dan caping dihias dengan menggunakan payet dan bunga-bungaan kering dari aneka rempah Indonesia, salah satunya bunga lawang.

Untuk melengkapi penampilannya sebagai tukang jamu nanti, Kevin juga akan mengisi bakulnya dengan botol-botol jamu.

"Total ada delapan botol, enggak akan diisi semua, karena terlalu berat, jadi hanya satu botol akan diisi jamu temulawak," tambahnya.

Menurutnya, jamu temulawak paling pas dibawa ke panggung internasional karena rasanya yang manis.

Annisa tak cuma sekadar iseng membuat kostum ini. Dia mengungkapkan ada misi khusus di balik kostum mbok jamu. Lewat kostum nasional Indonesia yang dibuat selama tiga minggu ini, dia berharap akan semakin banyak orang yang tergerak untuk melestarikan jamu sebagai warisan budaya asli Indonesia.

"Jamu warisan budaya asli, harus kita lestarikan dan jaga agar tetap ada di sini. Kita gerakkan lagi minum jamu," ucapnya.

Lewat kostum nasional dan proses selama masa karantina, Kevin Liliana berharap bisa membawa mahkota kemenangan sebagai Miss International 2017. 

"Saya sangat bangga dan senang jadi perwakilan Indonesia. Semoga crown Miss International bisa saya bawa pulang," kata Kevin.  (chs/chs)