5 Busana Indonesia yang Bakal Diboyong ke Miss International

Elise Dwi Ratnasari , CNN Indonesia | Kamis, 19/10/2017 09:36 WIB
5 Busana Indonesia yang Bakal Diboyong ke Miss International Kevin Lilliana Runner Up 1 Puteri Indonesia 2017 akan berangkat ke Miss International 2017 dan memboyong busana dari desainer Indonesia.(CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kevin Lilliana, Runner Up 1 Puteri Indonesia 2017 pada Minggu (22/10) akan menuju Tokyo, Jepang untuk mewakili Indonesia pada ajang Miss International 2017.

Perempuan kelahiran 21 tahun silam ini akan mengikuti karantina MI 2017 mulai 25 Oktober dan Grand Final yang akan digelar pada 14 November di Tokyo Dome City Hall.

Tak cuma persiapan mental, Kevin juga memboyong beberapa busana khusus untuk melengkapi tampilannya di Miss International 2017.

Untuk itu, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) menggandeng beberapa desainer lokal demi menampilkan busana yang mencerminkan budaya Indonesia.

"Kevin punya misi untuk mempromosikan produk-produk asli Indonesia di kancah internasional dan memperkenalkan pariwisata dan budaya yang dimiliki Indonesia," kata Putri Kus Wisnu Wardani, Ketua Yayasan Dewan Pembina YPI saat konferensi pers di Aula Sasono Wiwoho Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

"Salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukkan hal itu melalui busana yang ditampilkan Kevin pada saat karantina maupun saat kontes berlangsung."

Berikut beberapa busana yang akan dikenakan Kevin dalam ajang MI 2017.

1. Bunga Malam oleh Ivan Gunawan
Ivan merancang sebuah cocktail dress dengan atasan hitam dipadu dengan bawahan batik motif parang. Motif buketan atau buket bunga juga disematkan semakin menambah anggun tampilan Kevin.

Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari

2. Long Dress oleh Dani Satriadi
Gaun panjang ini didesain dengan menggunakan warna dasar putih. Atasan motif parang dengan jalinan mirip huruf 's' yang melambangkan usaha yang tak pernah putus dalam mengupayakan kesejahteraan.

Bagian bawah gaun terdapat motif garuda menggambarkan kedudukan penting serta simbol kehidupan. Tambahan motif truntum melambangkan cinta yang tulus atau cinta yang tumbuh kembali.
Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari

3. Gaun kasual oleh Didiet Maulana
Untuk Kevin, desainer Ikat Indonesia Didiet Maulana merancang sebuah gaun dari kain ikat.

Motif kain terpinspirasi dari batik dan diimplementasikan dalam bentuk geometris berupa segitiga. Didiet juga menyematkan detail berupa pita besar di bagian punggungnya.

Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari

4. Kebaya oleh Intan Avantie
Keanggunan perempuan Indonesia semakin tampak dalam balutan kebaya. Kebaya didominasi warna hijau muda plus bagian belakang yang menyerupai sayap.

Intan juga menambah bordir warna hitam di bagian depan kebaya modernnya. Bawahan motif kotak-kotak hitam putih tampak cantik dengan detail bunga oranye dan pinggiran berupa bordir hitam.

Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari

5. Kostum Mbok Jamu dan Ramuan Rahasia Kuno oleh Annisa Febby
Kostum nasional menggambarkan Indonesia dengan kekayaan budaya aslinya yakni jamu. Annisa mendesain kembali unggahan Imam Syafei, pegeant lovers Indonesia.

Kebaya ungu dimodifikasi dan dipadu dengan bawahan batik motif dilem sempleh asli Banyuwangi. Kostum dilengkapi dengan caping dan bakul berisi botol-botol jamu.