Kostum Nasional Indonesia Top 10 di Miss Grand International

Rahman Indra, CNN Indonesia | Sabtu, 21/10/2017 13:05 WIB
Kostum Nasional Indonesia Top 10 di Miss Grand International Kostum Nasional Indonesia 'Ibu Pertiwi' bertahan di peringkat teratas dalam pemungutan suara kedua, dan masuk Top 10 Finalis di Miss Grand International 2017. (Foto: Screenshoot via Instagram/@officialputeriindonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kostum Nasional Indonesia yang dikenakan Dea Rizkita di ajang Miss Grand International 2017 bertahan di peringkat teratas dalam pemungutan suara (voting) publik ke-dua.

Dengan demikian, Indonesia juga berhasil masuk dalam daftar Top 10 Finalis dan berkesempatan besar membawa pulang penghargaan sebagai The Best National Costume, yang akan diumumkan pada 25 Oktober mendatang.

Sebelumnya Indonesia menempati urutan teratas pada pemungutan suara pertama dari 13-15 Oktober 2017, dan masuk dalam daftar Top 25. Pada pemungutan suara kedua 16-20 Oktober 2017, kostum buatan Maya Ratih Couture dan Morphacio Body Art itu kembali bertahan di posisi teratas.


Selama masa pemungutan suara publik, Indonesia bersaing ketat dengan kostum nasional Vietnam, yang kadang berselisih suara sedikit dan sempat unggul.
Setelah masa pemungutan suara ditutup pada Jumat (20/10) malam, waktu Vietnam di mana ajang MGI 2017 berlangsung, Indonesia ditetapkan berada di urutan teratas, diikuti Vietnam dan lainnya secara berturut-turut berdasar perolehan suara: Kamboja, Laos, Filipina, Peru, Paraguay, Malaysia, India dan Myanmar.

Kabar itu disampaikan secara resmi oleh penyelenggara MGI 2017 lewat akun Facebook Miss Grand International. Disampaikan juga, selanjutnya dewan juri akan memilih dari 10 finalis tersebut yang berhak atas gelar Best National Costume Award pada Grand Final, 25 Oktober 2017, pukul 19:30 waktu Vietnam.

Bersaing ketat

Lewat akun Instagram resminya, Official Puteri Indonesia menyebutkan perolehan suara untuk Kostum Nasional Indonesia di menit-menit terakhir voting meraih angka 15 juta suara, sementara Vietnam yang terus mengejar menyusul di urutan kedua sebesar 13 juta suara.

[Gambas:Instagram]

Tingginya perolehan suara Indoensia ditengarai disumbang oleh para pencinta kontes kecantikan atau sebutan Pageant Lover Indonesia yang terus memberi dukungan besarnya sejak pemungutan suara pertama.

[Gambas:Instagram]

Atas perolehannya ini, Dea Rizkita, menyampaikan ungkapan terima kasihnya pada publik lewat akun @dearizkita.

"Saya tak dapat mengungkapkan rasa terima kasih atas 15 juta suara untuk kostum nasional kita 'ibu pertiwi'," ujarnya.

Dea juga menekankan setelah dua kali pemungutan suara, selanjutnya keputusan sebagai pemenang ada di tangan dewan juri.

[Gambas:Instagram]

Pada perhelatan Miss Grand International sebelumnya, Indonesia berhasil membawa pulang penghargaan Best National Costume dan Ariska Putri Pertiwi juga menjadi yang pertama dari Indonesia terpilih menjadi Miss Grand International 2016.

Kostum Nasional Indonesia Top 10 di Miss Grand InternationalKostum Nasional Indonesia menang di perhelatan Miss Grand International 2016. (Foto: Dok. Yayasan Puteri Indonesia)
Tantangan lainnya

Memperebutkan gelar Best National Costume hanya satu dari beberapa penilaian dari keseluruhan di Miss Grand International.

Dalam swimsuit competition, yang digelar beberapa waktu lalu, Dea masuk dalam jajaran Top 10 dan berhasil merebut perhatian publik dan dewan juri. Selain Indonesia, negara lain yang masuk dalam rangking teratas itu, yakni Vietnam, Filipina, Kamboja, Laos, India, Peru, Malaysia, Ekuador dan Paraguay.

Dua tantangan berukutnya, ada pada malam Preliminary yang digelar pada 23 Oktober mendatang, dan malam grand final dua hari setelahnya.