Vlog Jokowi Pamer Keindahan Mandalika Pakai Drone

Muhammad Andika Putra , CNN Indonesia | Sabtu, 21/10/2017 17:18 WIB
Vlog Jokowi Pamer Keindahan Mandalika Pakai Drone Salah satu sudut di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan keindahan kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), lewat vlog yang ia unggah ke Youtube.

Dalam vlog tersebut, sang presiden pun menjelaskan pembangunan Mandalika bersama Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi.

"Hari ini saya berada di kawasan ekonomi khusus (KEK), Mandalika di Nusa Tenggara Barat," kata Jokowi dalam vlognya, Minggu (21/10).


Vlog Jokowi Pamer Keindahan Mandalika Pakai DroneJoko Widodo. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun terlihat senang karena kawasan Mandalika yang dibangun selama 29 tahun akhirnya rampung. Mandalika yang diresmikan Jokowi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus itu telah dibuka dan sejumlah investasi sudah masuk.

"Kita harapkan ini memberikan dampak yang baik bagi masyarakat NTB," ujar Jokowi.

Dalam tayangan vlog tersebut, Jokowi pun menggunakan teknologi rekaman video yang menggunakan bantuan drone. Walhasil, keindahan Mandalika dari udara pun lebih terlihat.

Perbatasan laut, daratan, dan aktivitas sejumlah wisatawan yang sedang berselancar dan kapal-kapal berlabuh ke pantai pun tampak.

Dalam vlog tersebut terlihat pantai dengan air laut berwarna biru, serta laju ombak yang buihnya terlihat putih. Terlihat juga sejumlah orang yang sedang berselancar dan sejumlah kapal yang berlabuh ke pantai.

Selain itu juga terlihat bukit dan tebing di bibir pantai. Tempat tinggal warga dengan rumah yang nampak tradisional juga terlihat dalam vlog Jokowi.

Zainul yang diberi kesempatan oleh Jokowi menyapa dalam vlog tersebut pun mengatakan bahwa Mandalika merupakan kawasan yang sangat indah.

"Mandalika sudah siap menyambut Anda," kata Zainul.

Jokowi menambahkan, "Rakyat bisa menikmati ada investasi yang masuk. Dan, ya dampak kesejahteraan itu akan kelihatan."

[Gambas:Youtube]


Sebelumnya, PT Indonesia Development Tourism Corporation (ITDC) menjajaki potensi pinjaman senilai Rp700 miliar dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) untuk mendanai pengembangan tahap lanjut Mandalika. Rencananya, perusahaan pariwisata pelat merah itu akan bertemu dengan bank yang berbasis di China itu pada 26 Oktober mendatang.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, perusahaan membutuhan dana pinjaman sebesar Rp700 miliar. Namun hingga saat ini ia belum tahu nilai pinjaman akan diberikan AIIB.

"Kami menjajaki pendanaan dengan AIIB dan mereka akan datang tanggal 26 mendatang, ini kan long term funding (pembiayaan jangka panjang)," kata Abdulbar ditemui di Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Jumat (20/10) lalu.