Tips Wisata Murah di Kawasan Mewah Nusa Dua

Priska Sari Pratiwi , CNN Indonesia | Minggu, 22/10/2017 12:26 WIB
Tips Wisata Murah di Kawasan Mewah Nusa Dua Kawasan Nusa Dua, Bali, sejak lama terkenal dengan wisata mewahnya. Tapi, tetap ada cara murah untuk menikmati wisata di sana. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Nusa Dua, CNN Indonesia -- Kawasan Nusa Dua, Bali, sejak lama terkenal dengan wisata mewahnya. Bagaimana tidak, kawasan yang pernah menjadi tempat berlibur Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ini dikelilingi fasilitas hotel bintang lima, ragam kuliner kelas wahid, hingga pusat perbelanjaan berbagai merk internasional.

Harga barang yang lumayan tinggi tak jarang membuat turis jadi berpikir dua kali datang ke sini. Namun jangan khawatir, jika jeli ada banyak pilihan wisata murah di selatan Bali ini.

Berikut tempat wisata murah yang bisa didatangi saat berlibur ke Nusa Dua:

1. Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua berada di Pulau Peninsula, kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Pantai ini memiliki pasir lembut dan ombak yang tenang sehingga aman untuk berenang.

Jika ingin sekadar bersantai, tersedia kursi pantai lengkap dengan payung besarnya untuk menaungi dari panas matahari.

Untuk masuk ke Pantai Nusa Dua, tak dipungut biaya alias gratis. Hanya perlu masuk melalui gerbang kawasan ITDC dan membayar tiket parkir masing-masing Rp1.500 per jam untuk sepeda motor dan Rp3.000 per jam untuk mobil.

[Gambas:Instagram]

Turis juga dapat menyewa sepeda dengan biaya Rp20 ribu untuk berkeliling di sekitar pantai selama satu jam.

Selain Pantai Nusa Dua, jangan lupa berkunjung ke beberapa pantai di sekitar kawasan ITDC, di antaranya Pantai Samuh, Pantai Mengiat, dan Pantai Geger.

2. Water Blow

Jika ingin menantang diri dengan ombak besar, turis dapat mengunjungi Pantai Water Blow, yang berlokasi di kawasan ITDC tak jauh dari pantai Nusa Dua.

Jangan dibayangkan Pantai Water Blow berbentuk seperti pantai pasir putih pada umumnya. Pantai ini dikelilingi batu karang dan tebing yang cukup tinggi.

Lantaran cukup berbahaya, pihak pengelola pun mengakalinya dengan membangun jembatan kayu cukup panjang sebagai akses jalan.

Untuk masuk ke area Water Blow, turis hanya bisa berjalan kaki atau naik kendaraan roda dua seperti sepeda dan sepeda motor. Akses jalan yang tak terlalu luas membuat kendaraan besar seperti mobil tak bisa masuk.

Turis bisa memilih untuk menikmati Water Blow dari sisi kiri atau kanan pintu masuk.

[Gambas:Instagram]

Di sisi kiri terdapat tempat menyerupai dermaga berbentuk lingkaran cukup besar yang dibangun di atas batu karang untuk menikmati Water Blow.

Sementara di sisi kanan terdapat lingkaran serupa dengan hiasan batu besar di atasnya. Di tempat itulah bisa menikmati sensasi ombak besar yang menghempas batu karang.

Jika beruntung, pecahan ombak yang besar bisa langsung membasahi badan saat berada di atas dermaga. Namun harus tetap hati-hati, ikuti larangan untuk tak turun ke batu karang karena berbahaya.

3. Nasi Ayam Bu Oki

Puas berkeliling pantai, kini saatnya mengisi perut. Berjarak sekitar satu kilometer dari kawasan ITDC, turis dapat langsung menuju Warung Nasi Ayam Bu Oki di Jalan Siligita Nomor 27, Nusa Dua.

Dengan desain ruang terbuka dan tak terlalu luas, warung ini terlihat begitu sederhana. Tapi jangan salah, warung yang buka sejak pagi hingga malam hari ini selalu ramai pengunjung.

Tak jarang pengunjung yang ingin makan di tempat harus menunggu untuk bergantian.

Menu andalannya berupa Nasi Campur yang dilengkapi suwiran Ayam Panggang, Sate Lilit Ayam, Telur Pindang, Sayur Urap, dan taburan kacang tanah goreng di atasnya.

Bisa juga memesan Nasi Campur dengan tingkatan pedas sesuai keinginan. Mulai dari sangat pedas, sedang, atau tidak pedas sama sekali. 

Tips Wisata Murah di Kawasan Mewah Nusa DuaNasi Pedas menjadi makanan khas Bali yang tidak boleh lupa dicicipi saat berada di Pulau Dewata. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

Pedasnya bumbu rempah khas Bali terasa begitu menyatu dengan pedasnya cabai. Walau memesan Nasi Campur yang tak pedas, rasa pedasnya rempah akan tetap terasa di lidah.

Satu porsi Nasi Campur dijual dengan harga Rp25 ribu. Harga yang murah dengan porsi yang cukup besar.

Selain di Nusa Dua, juga dapat menikmati Nasi Ayam Pedas Bu Oki di kawasan Jimbaran, Bali.

4. Pasar Seni Jalan Pantai Mengiat

Tak jauh dari Warung Nasi Ayam Bu Oki, terdapat tempat belanja berkonsep kaki lima yang menjual barang dengan harga miring.

Tips Wisata Murah di Kawasan Mewah Nusa DuaBeragam oleh-oleh khas Bali juga bisa didapatkan di Pasar Seni Jalan Pantai Mengiat. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

Serupa dengan Pasar Sukawati di Gianyar Bali, harga barang di Pasar Seni Jalan Pantai Mengiat pun bisa ditawar.

Di sini, turis bisa menemukan berbagai barang mulai dari kaos, rok, celana, kain Bali, aksesoris fesyen, hingga hiasan rumah untuk dijadikan oleh-oleh.