'Kampung' Khusus Vegetarian di Rusia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 23/10/2017 11:46 WIB
'Kampung' Khusus Vegetarian di Rusia Sebuah perumahan di Rusia mengkhususkan diri untuk menerima calon penghuni yang smeuanya vegetarian. (Thinkstock/Sarsmis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vegetarian kini bukan hanya masalah kesehatan, tapi juga soal gaya hidup. Jika Anda adalah seorang vegetarian sejati, muak mencium aroma daging, serta tak tahan saat melihat orang makan daging, mungkin Anda harus pindah ke Rusia.

Veda Village merupakan sebuah proyek konstruksi perumahan di area pinggiran St. Petersburg, Rusia yang didesain khusus untuk para vegetarian.

Untuk bisa tinggal di kawasan ini, syarat utamanya adalah harus seorang vegetarian. Calon pembeli akan diwawancara oleh agen perumahan. Saat gagal meyakinkan agen bahwa Anda adalah vegetarian sejati, maka Anda bakal mendapatkan 'lapak.'


Bukan cuma diet bebas daging yang jadi syarat untuk punya rumah di desa ini, tapi calon penghuni juga diwajibkan untuk tak merokok dan minum minuman beralkohol di area komplek rumah.

Maya Podlipskaya manajer Veda Village kepada kantor berita Rusia TASS, dikutip dari Oddity Central mengungkapkan bahwa komplek perumahan ini memiliki tujuan menjadi komunitas berkelanjutan di mana penghuninya akan bisa memenuhi kebutuhan energi, air, pengolahan sampai, dan produksi makanan secara mandiri.

Sementara berfokus pada kesehatan dan banyaknya aturan untuk tinggal di komplek tersebut, 'kampung vegetarian' ini dilabeli beberapa orang sebagai tempat paling membosankan di dunia.

Komplek apartemen vegetarian di Rusia ini memang terbilang unik. Namun kenyataannya ini bukanlah satu-satunya komplek vegetarian di dunia. Selain Rusia, India juga sudah lebih dulu punya komplek vegetarian.

Keinginan untuk mewujudukan komplek vegetarian sudah ada sejak awal 2000-an. Namun baru tahun 2012 lalu, komplek vegetarian di Chennai, India berhasil dibangun. Pengelola juga mensyaratkan seorang vegetarian ketat untuk jadi calon penghuninya. (chs/chs)