Wisata Diam, Kemewahan Bersantai Tanpa Jaringan Internet

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 31/10/2017 12:30 WIB
Wisata Diam, Kemewahan Bersantai Tanpa Jaringan Internet Ilustrasi. (AFP PHOTO / MOHAMMED ABED)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berdiam diri semakin menjadi tren dalam dunia wisata. Dalam kegiatannya, turis tidak akan dikurung di kamar, namun diajak untuk berkegiatan tanpa alat elektronik.

Konsep detoks digital ini memang sangat dibutuhkan banyak orang, terutama mereka yang setiap hari berkutat dengan segala peralatan canggih yang terhubung dengan internet.


Dikutip dari CNN Traveler, Badan Kesehatan PBB (WHO) juga sudah menyatakan kalau polusi suara sudah menjadi wabah di dunia. Kebisingan bukan hanya didengar telinga, melainkan juga yang dirasakan otak, contohnya ketika membaca berita drama tentang politik.


Kebisingan macam ini tentu saja memberi dampak yang buruk bagi fisik dan mental seseorang.


“Bagi sebagian orang, ada yang terus ingin terhubung dengan internet. Mereka ada yang sampai merasa khawatir jika tidak mengecek e-mail setiap jam. Ada juga yang merasa ketakutan ketika tidak terhubung dengan media sosial,” kata CEO dan pendiri The Ranch di Malibu, Alec Glasscock.

“Wisata berdiam diri merupakan bentuk kemewahan yang resor kami tawarkan,” lanjutnya.

The Ranch Malibu menawarkan paket menginap bernama ‘Waktu Diam’ yang bisa dinikmati dalam jangka waktu harian atau mingguan.

[Gambas:Instagram]

Kegiatannya berupa meditasi, hiking, sampai tidur siang, tentu saja tanpa menyalakan alat elektronik yang dimiliki.

Berkonsep sama, begitu juga dengan resor La Puerta di Meksiko, yang menawarkan konsep ‘Makan Malam Diam’.

[Gambas:Instagram]

Sama dengan tempat spa L'Auberge de Sedona, yang memiliki paket ‘Pikiran Tenang’, dengan pilihan pijat atau kelas teknik pernapasan.

Yang lebih unik ialah kapal pesiar Ponant Explorers, yang menawarkan layanan meditasi di tengah laut.

Pihak pengelolanya berharap, para turis bisa melupakan kebisingan sehari-hari sambil mendengarkan gulungan ombak dan embusan angin laut.

(ard)