5 Manfaat Mandi Air Dingin

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 30/10/2017 17:27 WIB
Sama halnya dengan mandi air hangat, mandi air dingin juga memberi manfaat buat tubuh, antara lain memberi tambahan energi sepanjang hari. Memberi tambahan energi sepanjang hari, serta menjaga kesehatan rambut dan kulit adalah beberapa manfaat mandi dengan air dingin. (Foto: Thinkstock/Anna_Om)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cuaca kadang tak menentu. Kadang udara begitu dingin sehingga memaksa orang untuk mandi air hangat. Sedangkan saat udara siang hari begitu panas, sebelum senja pun rasanya ingin mandi air dingin untuk menurunkan suhu tubuh.

Mandi air hangat memang dikenal punya manfaat kesehatan seperti tubuh jadi lebih rileks, melancarkan peredaran darah serta membantu mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Namun, ternyata mandi air dingin juga punya manfaat kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima manfaat mandi air dingin untuk kesehatan.

1. Memberi tambahan energi sepanjang hari 


Sebelum menyesap kopi di pagi hari, mandi air dingin bisa jadi rutinitas yang mampu menyingkirkan rasa malas sekaligus meningkatkan kewaspadaan. Membayangkan mandi dengan air hangat memang menyenangkan apalagi udara pagi memang dingin. Namun, justru mandi air dingin lebih punya efek positif.


Dilansir dari Medical Daily, saat kulit bersentuhan dengan air dingin, tubuh merespons dengan menarik napas panjang sehingga asupan oksigen juga banyak. Detak jantung meningkat dan darah terpompa cepat ke seluruh tubuh. Mekanisme ini membuat tubuh punya energi sepanjang hari.

Mandi air dingin juga mampu meningkatkan kewaspadaan karena suhu dingin memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin yakni sejenis adrenalin yang dapat membantu pikiran untuk waspada secara alami.

2. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Mandi air panas kadang terpaksa dilakukan saat sakit. Namun jika sedang tidak sakit, mandi air dingin lebih dianjurkan. Air panas dapat membuat kulit kering. Selain itu, kulit juga berkurang drastis kelembaban serta kekenyalannya akibat air panas. Sedangkan air dingin dapat mengencangkan pori sehingga kotoran tak gampang masuk dan mengendap.


Untuk rambut, air dingin membuat rambut lebih bersinar, kuat dan sehat. Jika memiliki kebiasaan menggunakan konditioner setelah keramas, maka penggunaan air dingin tak akan mengikis kandungan pelembab pada konditioner.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengutip dari Menprovement, mandi air dingin dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mandi air dingin secara teratur meningkatkan sel darah putih yang dapat memerangi bibit penyakit. Mandi air dingin terbukti dapat meningkatkan tingkat kecepatan metabolisme dan aktivasi sistem imun.


4. Meningkatkan kadar hormon testosteron dan kesuburan

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Endocrinology menyebut suhu panas, sekecil apapun dapat mempengaruhi DNA, RNA, dan protein sistesis pada pria. Periset menggunakan tikus sebagai objek studi. Pada tikus ditemukan bahwa peningkatan suhu selama 15 menit dapat mengakibatkan penurunan drastis kadar testosteron.

Oleh karenanya, mandi air dingin dikatakan mampu meningkatkan kadar hormon testosteron. Dilansir dari Menprovement, hal ini pula yang menyebabkan seorang atlet angkat beban Rusia terbiasa duduk di luar saat udara dingin sebelum kompetisi.

Selain itu, mandi air dingin juga dapat meningkatkan kesuburan karena produksi sperma yang berlimpah. Mandi air panas secara teratur terbukti merupakan 'kontrasepsi' efektif bagi pria. Pria yang mandi setidaknya 30 menit per hari dengan air panas selama 3 minggu cenderung tak subur selama 6 bulan berikutnya.


5. Menurunkan berat badan 

Mungkin ini informasi menarik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Mandi air dingin rupanya dapat membantu menurunkan berat badan. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak yakni, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah tumpukan lemak saat tubuh mengonsumsi kalori melebihi kebutuhan. Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh tetap hangat. Lemak jenis ini terbakar saat tubuh terpapar suhu dingin.

Studi pada 2009 menemukan bahwa tubuh bisa kehilangan berat badan hingga 5 kilogram dalam setahun jika rajin mandi air dingin. (rah/rah)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA