Gaun Nasi Lemak, Kostum Nasional Malaysia di Miss Universe

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 03/11/2017 07:23 WIB
Miss Malaysia akan menampilkan kostum nasional yang terinspirasi dari nasi lemak di panggung Miss Universe 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat. Miss Malaysia akan menampilkan kostum nasional yang terinspirasi dari nasi lemak di panggung Miss Universe 2017 di Las Vegas, Amerika. (REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nasi lemak yang jadi makanan ikonik dan khas Malaysia ternyata bukan cuma untuk disantap. Nasi lemak kini juga bisa 'dipakai' jadi sebuah busana.

Busana kostum nasional nasi lemak menjadi andalan dari Miss Malaysia, Samantha Katie James di ajang Miss Universe 2017 yang akan digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada 26 November mendatang.

Kostum nasional nasi lemak milik Malaysia ini dibuat menyerupai tampilan nasi lemak pada umumnya. Gaun body contour atau pas badan dengan slit tinggi di bagian depannya digunakan untuk menggambarkan nasi lemak. Gaun strapless ini dibuat dengan warna putih dan memiliki garis leher hati yang menonjolkan bagian dada Samantha.


Untuk menciptakan gaun nasi lemak tampak seperti aslinya, sang desainer juga menambahkan berbagai detail makanan pelengkap dalam nasi lemak. Sebut saja telur mata sapi, irisan mentimun, ikan teri goreng, kacang goreng, dan pastinya sambal.

Namun semua bahan pelengkap nasi lemak ini tentunya tidak ditambahkan dalam bentuk asli. Jika nasi lemak diwujudkan dengan penggunaan warna putih pada gaunnya, maka telur mata sapi, irisan mentimun, teri goreng, dan sambal dibuat juga dari kain.

Gaun ini terlihat cukup detail dengan penambahan manik-manik dan kristal di seluruh bagian atas gaunnya. Ini dilakukan untuk mendapatkan tekstur butiran nasi dan sambal nasi lemak.

Semua detail makanan ini diletakkan di tubuh sebelah kiri. Tak cuma itu, nasi lemak belum lengkap kalau tak dibungkus dengan daun pisang. Gaun kostum nasional Miss Universe Malaysia juga diberi tambahan daun pisang.

Hanya saja, daun pisang yang berwarna hijau ini diletakkan di bagian belakang gaun sehingga tampak seperti sayap kupu-kupu.

Mengutip akun twitter Miss Universe Malaysia, kostum nasional nasi lemak ini diciptakan oleh desainer Malaysia Brian Khoo. Untuk membuat gaun ini dibutuhkan waktu sampai 400 jam, khususnya dalam pengerjaan detail.

(chs/chs)