Tips Sederhana Mencuci Handuk Agar Tetap Lembut

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Rabu, 15/11/2017 07:58 WIB
Tips Sederhana Mencuci Handuk Agar Tetap Lembut Mencuci dan merawat handuk memang terlihat mudah. Namun kenyataannya, salah cara merawatnya, handuk bisa jadi 'keriting' dan juga kasar. (Life-Of-Pix/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mencuci dan merawat handuk memang terlihat mudah. Namun kenyataannya, salah cara merawatnya, handuk bisa jadi 'keriting' dan juga kasar.

Anda tentunya tak akan mau lagi memakai handuk yang sudah mulai menipis dan kasar. Alih-alih menyeka tubuh dari air mandi, handuk kasar malah akan melukai kulit. Salah rawat handuk juga akan membuat handuk tak lagi bisa menyerap air dengan maksimal.

Mencuci dan merawat handuk bukan hanya sekadar melemparnya ke dalam mesin cuci dan ditambah deterjen. Untuk menjaga kelembutannya, berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Cuci sebelum dipakai
Langkah awal untuk memaksimalkan efisiensi handuk dimulai sejak awal Anda membelinya. Cuci handuk sebelum dipakai. Hal ini bertujuan untuk membuka serat handuk.

"Jika serat tak terbuka maka tak akan menyerap air," kata tim dari Garnet Hill, sebuah perusahaan penjualan benda-benda kebutuhan rumah tangga.

Hanya saja saat mencuci ada baiknya untuk tak memakai pelembut kain dan menghindari pengering.

2. Cara terbaik mencuci handuk

Seberapa sering handuk dicuci adalah pertimbangan pribadi Anda. Hanya saja, tim Garnet Hill menyarankan untuk dicuci setelah 3-4 kali penggunaan.

Saat mencuci, sebagian besar handuk harus dicuci dengan ari hangat. Hanya saja untuk memastikannya, cek kembali tag kain di handuk.

Hanya saja, karena handuk memiliki serat yang berbeda dengan pakaian lain, cuci handuk terpisah dari cucian lain. (chs)