Daftar Diskon Situs Belanja di Perayaan 'Hari Jomlo 11/11'

Rahman Indra, CNN Indonesia | Sabtu, 11/11/2017 12:57 WIB
Daftar Diskon Situs Belanja di Perayaan 'Hari Jomlo 11/11' Merayakan Hari Lajang atau Jomblo, yang jatuh pada 11/11, sejumlah situs belanja online memberi aneka potongan harga bahkan hingga 70 persen. (Foto: Thinkstock/Creativa Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merayakan Singles' Day, atau lebih populer sebagai Hari Lajang atau Jomlo, sejumlah situs belanja online memberikan aneka potongan harga khusus hingga 50 dan 70 persen.

Penawaran khusus di Hari Jomlo ini beranjak dari anggapan bahwa pada Singles' Day aktivitas yang paling digemari adalah berbelanja, dan dilakukan sebagai ajang untuk membeli 'hadiah' untuk diri sendiri.

Istilah Single's Day sendiri pertama kali muncul di China pada 1990, dan awalnya hanya merupakan acara sekolah yang ditujukan bagi para jomlo untuk mencari pasangannya. Namun, pada 2009, istilah ini dipopulerkan sebagai Online Sale oleh Alibaba, situs belanja online besar China, ke seluruh dunia, dan hingga saat ini diperingati setiap tanggal 11 November.


Saking populernya, online sale di Singles' Day bahkan mampu mengalahkan penjualan saat Cyber Monday di 2012. Bahkan, disebutkan ShopBack, kurator ecommerce, total transaksi penjualannya mencapai angka fantastis hingga US$17,8 miliar di 2016.


Aneka diskon 11/11

Merayakan Singles' Day (11/11), sejumlah situs belanja online memberi penawaran khusus untuk label-label tertentu, baik dari Indonesia maupun dari internasional.

Di antara mereka ada, Zalora yang memberikan potongan hingga 70 persen. Mengutip pernyataan resminya, Anthony Fung, CEo Zalora Indonesia mengatakan perayaan Singles' Day makin diminati masyarakat Indonesia setiap tahun.

Zalora

Situs belanja ini memberi penawaran khusus di antaranya untuk pilihan label fashion seperti Mango, Levi's, River Island, Herschel, Keds, Converse, DC dan The Executive. Beberapa label internasional yang sebelumnya tidak bisa didapatkan di Indonesia juga turut serta, seperti Miss Guided dan Ivy Park serta Tokichoi, Kods dan Eyescream.

Bukalapak

Situs ini memberi program diskon bertajuk 'Nego Terus Sampai Jodoh' yang mentransformasikan pengalaman negosiasi penjual dengan pembeli yang biasanya hanya dilakukan saat transaksi langsung. Seperti perayaannya, siapa tahu ke depan tak lagi 'jomlo' berkat program ini.


Lazada

Di halaman utama situs belanja online ini ada tajuk 'Online Revolution: Diskon Mengguncang Semesta' untuk merayakan Hari Jomblo. Kali ini mereka menawarkan berbagai produk fashion, olahraga hingga perlengkapan rumah tangga.

Shopee

Mengusung tajuk dengan tagar khusus #1111ShopeeMall, situs belanja ini seperti ingin turut merayakan Singles' Day.

Ali Express

Sebagai anak perusahaan Alibaba, yang menginisiasi Singles' Day, Ali Express tentu saja tak akan melewatkan hari spesial ini. Situs belanja ini disebut menawarkan potongan harga hingga 50 persen dan kemudahan berbelanja.


Blibli

Mengusung tajk 'Blibli Histeria', situs belanja ini menebar banyak diskon dan cashback jika berbelanja produk rumah tangga dan keperluan traveling.

Berrybenka

Situs ini memberikan 11.11 Special Deals dengan potongan harga 28 persen, dan tagar #menangbanyak.

Elevenia

Mengusung program khusus Pasar Kaget, mulai tanggal 1-12 November. Ada potongan harga hingga 70 persen. Untuk promo 11/11, ada penawaran hadiah mobil dan barang menarik lainnya, serta harga di bawah Rp11 ribu.

Tren hari belanja online

Singles' Day ternyata hanya satu dari enam tren hari belanja online terbesar di Indonesia. Lainnya, ada Online Revolution, Festival Belanja Online, Black Friday, dan Cyber Monday. Di hari-hari tertentu tersebut ada diskon atau potongan harga besar-besaran yang diberikan pada publik.


Perayaan itu tidak hanya di Indonesia, sejumlah negarapun melakukannya seperti di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Taiwan, meski dengan sebutan berbeda-beda.

Singles' Day diperingati 11 November, sementara lainnya, Online Revolution 11 November, Fertival Belanja Online 23-30 November, Black Friday 24 November, Cyber Monday 27 November, dan Hari Belanja Online pada 12 Desember. (rah/rah)