Barang Unik Dijual di Hari Jomlo: Boeing 747 Hingga Obat Kuat

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 11/11/2017 19:12 WIB
Bukan hanya barang-barang bermerek yang bisa didapatkan penduduk China saat Singles Day, tapi juga pesawat, stempel alis atau sebotol kentut. Singles Day di China dirayakan dengan cara berbelanja online. (AFP PHOTO / STR / China OUT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan juta penduduk China menggunakan telepon pintar mereka untuk mendapatkan barang-barang murah di berbagai situs belanja pada Sabtu (11/11) ini. Di sana, hari "11 Ganda" itu memang dikenal sebagai hari berbelanja.

Semula, 11 November dirayakan sebagai Singles Day atau Hari Jomlo di negara yang berpenduduk lebih dari satu miliar jiwa tersebut. Namun sejak 2009, Alibaba mengubahnya menjadi hari berbelanja nasional.

Pada 2017 ini bukan hanya barang-barang bermerek yang bisa didapatkan oleh penduduk China yang asik berseluncur dari satu situs ke situs lain, tapi juga beberapa barang unik.


Dikutip dari AFP, berikut adalah lima barang unik yang dijual di hari itu.

Boeing 747 bekas (Harga US$18,5 juta)

Memang mencari tempat parkirnya akan jadi satu kerepotan tersendiri, tapi siapapun yang memiliki setidaknya 123 juta yuan, atau setara US$18,5 juta bisa saja membeli pesawat kargo Boeing 747.

Tiga unit pesawat ini akan dilelang mulai 20 November nanti pada situs Taobao.com, platform utama dari perusahaan raksasa perdagangan online, Alibaba. Tiga pesawat tersebut semula digunakan Jade Cargo Internasional, perusahaan yang kini telah bangkrut. Aset-aset perusahaan itu kini sedang dilelang oleh pengadilan kota Shenzen.

Kentut di Dalam Botol (US$3)

Botol kaca bertutup gabus ini disebutkan berisi kentut manusia dan akan membuat para penggunanya merasa "seperti dewi". Tidak terlalu jelas apakah iklan ini asli atau apa tujuan penjualan barang ini sebenarnya. Namun salah seorang penjual menyebutkan bahwa gas itu bagus untuk kulit, sementara seorang penjual lainnya menyatakan bahwa aromanya membuat Anda terjaga, seperti halnya kopi di pagi hari. Sejauh ini, hanya ada dua situs yang menjual barang ini dan hanya satu yang berhasil menjual.

Ramuan untuk Pria (US$27)

Paket yang terdiri atas potongan-potongan kayu Cabinda ini didiskon dari semula seharga 490 yuan menjadi 178 yuan (US$27). Kayu Cabinda yang dianggap memiliki khasiat perangsang untuk pria. Caranya adalah dengan mencelupkan batangan kayu pada air panas, seperti halnya kantung teh, biarkan 15 menit kemudian diminum. Setelah itu, tinggal tunggu pengaruhnya. Satu porsinya bisa digunakan untuk tiga kali.

Penjual menyebut barang ini sebagai "energi herbal -- mendorong rasa bahagia, dan membuat pria menjadi kuat serta menikmati rasa pencapaian tertentu."  

Topeng Donald Trump dan Kim Jong-un (US$3)

Ingin menjadi Presiden AS Donald Trump atau pemimpin Korea Utara Kim Jong-un? Sekarang Anda bisa sedikit merasakannya dengan cara membeli topeng berbahan karet lateks yang akan menutupi seluruh wajah dan leher. Topeng ini sangat mirip dengan kedua pemimpin yang kontroversial tersebut -- kecuali di bagian alis dan rambut. Selain kedua tokoh itu, Anda juga bisa membeli topeng pemimpin Rusia Vladimir Putin dan mantan presiden AS Barack Obama, atau bahkan mantan pemimpin Al-Qaeda yang kini telah tewas, Osama bin Laden. Hanya saja, tidak ada topeng presiden China Xi Jinping.

Stempel Alis (US$4,5)

Dorongan untuk mempercantik diri sendiri bisa membuat Anda membeli barang-barang aneh, termasuk salah satunya adalah alat plastik ini. Caranya adalah dengan menekankan alat berbentuk alis tersebut pada bubuk padat yang memiliki beberapa warna, mulai dari coklat hingga hitam, kemudian tempelkan pada wajah di tempat yang sesuai. Satu hal pasti, tak perlu malu untuk berjalan di hujan, karena bubuknya anti-air.  (vws)