GenWI Thailand Siap Perkuat Promosi Wisata RI di Medsos

adv, CNN Indonesia | Minggu, 12/11/2017 22:14 WIB
GenWI Thailand Siap Perkuat Promosi Wisata RI di Medsos
Jakarta, CNN Indonesia -- Virus serta semangat untuk mengangkat dan mempromosikan potensi pariwisata Indonesia di luar negeri melalui media sosial semakin luas. Setelah di Singapura dan Tiongkok, kini giliran komunitas "Generasi Wonderful Indonesia" (GenWi) Thailand yang akan diresmikan.

GenWi adalah komunitas yang aktif di media sosial, dan siap mempromosikan pariwisata Indonesia dari Negeri Gajah Putih, Thailand.

Mereka akan membantu memviralkan berbagai hal terkait pariwisata di Indonesia seperti foto, video, grafis, tulisan cerita dari destinasi wisata dan juga kalender acara
yang diproduksi oleh GenPI (Generasi Pesona Indonesia).


Rencananya GenWi di Thailand akan diresmikan pada 20 November 2017 di CentralWorld, Bangkok dengan dihadiri Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara serta Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Don Kardono.

Ukus Kuswara mengatakan bahwa di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini, dunia digital dan sosial media memegang peranan penting. S

Kini media sosial sudah menjadi salah satu alat penyebar informasi yang utama karena efektifitasnya.

"Saat ini orang search and share melalui digital. Sehingga kehadiran GenWI di Thailand ini akan semakin mempopulerkan pariwisata Indonesia. Terlebih digerakkan oleh mereka komunitas di media sosial," ujar Ukus.

Zaman dulu, kata Ukus, ada istilah mulutmu harimaumu. Kini, sudah bergeser, jemarimu pesonamu.

"Jadikan momentum ini sebagai cara untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, yang sudah menjadi leading sector dan core economy bangsa,” tuturnya.

Sementara Don Kardono menambahkan, kehadiran GenWI di Thailand nanti diharapkan dapat menjadi ujung tombak penyebaran informasi secara viral (branding).

"Dan juga secara nyata dapat berkontribusi mendatangkan wisman, terutama dari Thailand ke Indonesia," ujar Don.

Tahun ini pemerintah mentargetkan jumlah wisman dari Thailand ke Indonesia mencapai 118 ribu orang.

Lebih lanjut Don mengatakan, sebelum peluncuran GenWI Thailand ini juga akan ada pembahasan mengenai program-program promosi Wonderful Indonesia dan pembentukan koordinator wilayah untuk GenWI Thailand.

"Serta akan membentuk wadah untuk membicarakan program-program promosi Wonderful Indonesia tersebut ke depannya," ujar Don.

Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu mengapresiasi atas kontribusi dan dukungan penuh dari komunitas GenPI dan genWI karena kontribusi mereka selama ini sudah terbukti.

Berbagai hal terkait pariwisata Indonesia tersebar luas. Bahkan komunitas GenPI dengan kreatifitasnya membentuk atraksi wisata dengan melibatkan masyarakat.

"Seperti Pasar Karetan yang terbukti heboh dan diminati masyarakat," ujar Menpar Arief Yahya.

Untuk itu ia berharap dengan hadirnya GenWI Thailand nanti dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pariwisata Indonesia (syahb)