Kevin Lilliana, Miss International 2017 dari Indonesia

Elise Dwi Ratnasari , CNN Indonesia | Selasa, 14/11/2017 19:06 WIB
Kevin Lilliana, Miss International 2017 dari Indonesia Kevin Lilliana mengejutkan banyak pihak dengan berhasil meraih mahkota Miss International 2017. Puteri Indonesia asal Jawa Barat ini melakukan banyak persiapan. (Foto: REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia kembali berbangga. Dalam ajang Miss International 2016, Felicia Hwang mampu menyabet gelar Miss Best Dresser dan Runner up kedua. Kini, mahkota Miss International berhasil diraih Kevin Lilliana.

Gadis asal Bandung ini berhasil menyisihkan 65 kontestan lain termasuk tuan rumah, Jepang, dan veteran kontes kecantikan Venezuela. Kevin tak kuasa menahan tangis ketika namanya diumumkan menjadi juara.

Dalam pidato kemenangannya, Kevin mengungkapkan bahwa kemenangan ini bagai mimpi yang menjadi kenyataan.

"Terima kasih untuk Miss International Organization yang memberi saya kesempatan ini. Saya akan menyebarkan kedamaian serta pemahaman akan beragam budaya ke seluruh dunia. Indonesia, we did it," tambahnya.


Berawal dari Gadis Sampul

Langkah Kevin menuju gelar Miss International 2017 cukup panjang. Bahkan, sang ayah, Eddy Foe mengaku tidak ada arahan khusus agar putrinya mengikuti kontes kecantikan apapun. Justru dirinya yang berprofesi sebagai desainer interior mengarahkan Kevin untuk mengikuti jejaknya. Kevin memang tercatat sebagai mahasiswi desain interior Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Kevin pertama kali mengikuti kontes kecantikan saat duduk di bangku sekolah menengah. Ia mampu meraih juara Gadis Sampul persahabatan 2012.

Tak berhenti sampai di situ, berbagai prestasi kemudian satu per satu ia raih seperti Mojang favorit Kota Bandung 2015, Mojang Wakil 1 Kota Bandung 2015, dan Puteri Indonesia Jawa Barat 2017.

[Gambas:Instagram]

Runner-up 1 Puteri Indonesia

Gelar Puteri Indonesia Jawa Barat ini menghantarkan Kevin untuk berlaga dalam gelaran Puteri Indonesia 2017. Di sini, ia berhasil meraih gelar Puteri Indonesia best Traditional Costume 2017, serta runner up pertama alias Puteri Indonesia Lingkungan 2017.

Gadis yang genap berusia 22 tahun pada 5 Januari mendatang ini melakukan berbagai persiapan sebelum keberangkatannya dalam ajang Miss International 2017. Saat konferensi pers jelang keberangkatannya, ia curhat bahwa dirinya ingin total selama persiapan.

"Pas dulu jaman kuliah, ya untuk kuliah pulang istirahat. Tapi sekarang kayak setiap jam berharga untuk saya buang. Kayak semalam beres ambil baju jam 6, capek banget habis dari enam tempat fitting dan ambil baju, tapi saya harus nge-gym. Karena saya tahu, saya di Jepang sudah nggak bisa apa-apa," katanya saat ditemui usai konferensi pers di kawasan Menteng, bulan lalu.


Kevin memiliki keunggulan di public speaking. Ini terbukti saat sesi pidato dalam 8 besar final Miss International 2017. Ia berbicara dengan mantap tentang misinya jika terpilih sebagai pemegang mahkota.

"Bhinneka Tunggal Ika, itu adalah filosofi negara saya. Indonesia adalah negara yang beragam. Jika saya menjadi Miss International, saya ingin menyebarkan semangat menghargai perbedaan. Unity in diversity," ujarnya. 

[Gambas:Instagram]

Tidak hanya mengesankan di malam final, Kevin juga mencuri perhatian sejak karantina dimulai dua pekan sebelumnya. Ia pernah juga memainkan angklung saat malam penampilan bakat. (rah)