Cerita Ivan Gunawan Soal 'Best Dress' di Miss International

Rahman Indra , CNN Indonesia | Rabu, 15/11/2017 12:41 WIB
Cerita Ivan Gunawan Soal 'Best Dress' di Miss International Ivan Gunawan tak mengira kalau gaun malam 'Thalassa' rancangannya untuk Kevin Lilliana menang di ajang Miss International 2017. (Foto: REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya meraih mahkota Miss International 2017, Kevin Lilliana juga membawa pulang Special Award 'Miss Best Dresser' di gelaran final yang berlangsung di Tokyo, Jepang, pada Selasa (14/11). 

Gaun yang didominasi warna biru laut serta mencolok berkat detail kristal dan mutiaranya itu merupakan rancangan Ivan Gunawan.

Terinspirasi dari laut Indonesia yang berwarna biru, Ivan mengungkapkan baju tersebut ia beri tajuk "Thalassa, Mother of the Sea." Kata dia, butuh waktu sekitar empat bulan persiapan untuk menyelesaikan gaun tersebut, dari mulai potongan, hingga detail kristal dan mutiaranya.

"Saya nggak tahu kenapa bisa menang, waktu diberi tahu sebagai Best Dress, saya lagi di butik menerima tamu dan cukup senang, karena rancangan saya diakui di ajang internasional," ujar Ivan saat ditemui di gedung Trans TV, Jakarta pada Rabu (15/11).


[Gambas:Instagram]

Menurut Ivan, dalam pembuatan gaun tersebut ia menyesuaikannya dengan karakter si pemakai, yakni Kevin sehingga memberi kesan anggun dan feminin yang melekat di dirinya.

Gaun malam pas badan itu membuat Kevin tampil menonjol di antara kontestan lainnya saat masuk dalam barisan Top 8 di gelaran final. Bahkan, ada yang mengatakan pilihan warna yang ia kenakan senada dengan gaun Kylie Verzosa, Miss International 2016 asal Filipina.

Igun, demikian ia disapa, mengaku ini bukan kali pertama ia merancang busana untuk kontes kecantikan. Kata dia, pertama kali ikut merancang busana di kontes kecantikan adalah 10 tahun lalu ketika ia membuat gaun malam untuk Rahma Landy yang juga berlaga di ajang Miss International 2007.

"Setelah 10 tahun, saya kembali merancang busana untuk ajang MI, dan menang," ujarnya.

Lewat akun resminya @officialputeriindonesia, Yayasan Puteri Indonesia menyandingkan dua gaun rancangan Ivan Gunawan, yang dipakai Rahma Landy dan Kevin Lilliana. Rahma saat itu mengenakan gaun Igun bertajuk Dewi Malam. Sementara, Kevin mengenakan 'Thalassa'. 

[Gambas:Instagram]

Selain mendandani Kevin di ajang Miss International 2017, Igun mengaku juga menjadi fashion conceptor untuk Bunga Jelitha Ibrani, wakil Indonesia yang kini sedang berlaga di ajang Miss Universe 2017, di Las Vegas, AS.

"Ada 25 busana, atau gaun yang saya persiapkan buat dia, di ajang MU," ujarnya menambahkan. (rah)