Turis Indonesia Tak Bisa Lepas dari Perangkat Digital

ANTARA, CNN Indonesia | Rabu, 15/11/2017 16:03 WIB
Turis Indonesia Tak Bisa Lepas dari Perangkat Digital Ilustrasi. (stokpic/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semakin banyak turis asal Indonesia yang “melek teknologi” dan memanfaatkannya dalam kegiatan wisata. Fakta tersebut dikemukakan oleh penyedia layanan bisnis wisata asal Inggris, Travelport.

Dari data yang dihimpun oleh Travelport, turis asal Indonesia menduduki peringkat ke-tiga dari banyak negara di dunia dalam pemanfaatan perangkat digital untuk kegiatan wisata. 

"Ini hasil survei terhadap turis mancanegara, dengan 11.000 responden di seluruh dunia. Survei ini dilakukan terhadap mereka yang tahun lalu setidaknya telah melakukan minimal satu kali perjalanan pulang pergi menggunakan moda transportasi udara," kata Managing Director Asia Pacific Travelport, Mark Meehan, seperti yang dilansir dari Antara pada Selasa (14/11).


“Hasilnya, sebanyak 93 persen turis asal Indonesia mencari informasi mengenai wisata melalui video dan foto,” lanjutnya.

Meehan lanjut menjelaskan, "ketergantungan" turis asal Indonesia dengan perangkat digital berada di peringkat setelah India dan China.

Tak hanya mencari informasi di dunia maya, mereka juga gemar mengunggah dokumentasi perjalanan wisatanya ke media sosial.

"Temuan ini menunjukkan pentingnya perangkat digital bagi turis sepanjang perjalanan wisata mereka, terutama bagi turis asal Indonesia,” pungkas Meehan.

Kegemaran penduduk Indonesia menggunakan perangkat digital sebelumnya telah dibuktikan dalam survei Instagram, yang menunjukkan bahwa Jakarta merupakan kota yang paling sering menggunakan fitur tag stiker di Instagram Stories.

Setelah Jakarta, kota lainnya ialah Sao Paulo, New York, London, dan Madrid.

(ard)