Cerita Seru Koki India Memasak untuk Obama dan Bush

Elise Dwi Ratnasari , CNN Indonesia | Sabtu, 18/11/2017 05:00 WIB
Cerita Seru Koki India Memasak untuk Obama dan Bush Hermant Oberoi, koki ternama asal India pernah membuat makanan buat para pesohor, dari mulai Barack Obama hingga George Bush. (Foto: katesokate/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi koki kenamaan India, Hemant Oberoi, memasak adalah ilmu dan seni. Jika ilmu dikuasai maka orang akan mengerti segala sesuatu yang mengikutinya. Oberoi lama malang melintang di dunia kuliner India, dan dianggap mampu membawa masakan India ke dunia kuliner internasional.

Tak hanya menyajikan masakan untuk selebriti India, ia pun juga pernah memasak untuk selebriti Hollywood seperti Brad Pitt dan Angelina Jolie. Oberoi rupanya juga pernah memasak untuk para pemimpin dunia seperti mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Michelle, mantan perdana menteri Inggris John Major, Margareth Thatcher serta George Bush dan sang istri Laura.

Dalam sebuah kesempatan wawancara khusus dengan Indian Express, Oberoi membeberkan masakan yang pernah ia sajikan untuk para pesohor. Saat mendapat kepercayaan memasak buat George Bush yang saat itu masih jadi presiden AS, ia memilih menyajikan nasi briyani. Namun, kata dia, nasi briyani tersebut disaikan dengan cara yang tak biasa.

"Briyani itu populer di kalangan orang India, tapi kebanyakan orang India tak menyadari teknik yang tepat untuk menyiapkan dan menyajikan makanan ini," katanya seperti dikutip dari Indian Express, beberapa waktu lalu.


Biasanya, nasi briyani disajikan di piring, tapi khusus untuk Bush, ia menyajikannya dengan mangkuk kaca khusus. Menurutnya, wadah ini pas untuk briyani sehingga tampil lebih menggugah selera.

"Wadah membantu meningkatkan rasa dan aroma bumbu. Di samping itu, tampilan makanan adalah kesan pertama, jika berhasil menarik perhatian, maka selanjutnya sudah hal mudah," ujarnya.

Berbeda dengan Bush, untuk pasangan Obama, Oberoi lebih memilih menyajikan masakan India, tapi disesuaikan dengan lidah orang Amerika. Ia berkata, baik Barack maupun Michelle menyukainya.

Beda orang, beda masakan

Tak hanya memasak untuk kepala negara, Oberoi juga pernah menyajikan makan untuk selebriti India yang juga sahabat dekat, Rishi dan Neetu Kapoor. Kata dia, Rishi menyukai souffles dan tulang domba ala Oberoi, sedangkan Neetu menyukai masakan berbahan dasar ikan.




Bagi mereka yang belum terbiasa makan masakan India, mungkin tak terbiasa dengan bumbunya yang 'nendang'. Namun, Oberoi berkata justru lebih mudah memasak bagi orang asing alias bukan orang India.

"Mudah saja menyenangkan orang Eropa dan orang asing lain. Agak sulit memang menyenangkan orang India. Selera mereka berevolusi tapi masih itu-itu saja. Kebanyakan orang tak ingin mencoba pengalaman dengan masakan baru, tapi kini mereka lebih terbuka," katanya. (rah/rah)