6 Alasan Berwisata ke Zimbabwe

CNN Indonesia , CNN Indonesia | Jumat, 17/11/2017 19:16 WIB
6 Alasan Berwisata ke Zimbabwe Cecil, singa asal Zimbabwe yang menjadi idola dunia, namun tewas di tangan pemburu liar. (CNN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Zimbabwe sedang ramai dibicarakan di media internasional. Negara yang berada di benua Afrika Selatan itu memang sedang didera oleh krisis politik atas pemerintahan Presiden Robert Mugabe, yang diduga melakukan tindak korupsi selama menjabat 37 tahun lamanya.

Negara beribukota Harare ini memiliki luas 390 ribu kilometer persegi. Sebanyak 16 juta orang mendiami wilayahnya, yang berbatasan dengan Botswana, Zambia, dan Mozambique.

Belasan juta orang di sana berbicara dalam 16 bahasa. Tapi, bahasa Inggris, Shona, dan Ndebele menjadi bahasa yang paling banyak digunakan.

Mata uang yang berlaku di sini adalah Dolar Amerika (US$). Karena termasuk negara miskin, maka tak banyak layanan yang menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit.

Koloni Inggris pernah berkuasa di negara dua musim ini. Alasannya, karena letaknya yang strategis dan alamnya yang kaya. Banyak pertambangan emas yang beroperasi di sini.

Industri pariwisatanya tidak begitu berkembang, namun kegiatan wisata masih bisa dilakukan di sini. Air Terjun Victoria dan Taman Nasional Hwange merupakan objek wisata alam yang paling ramai didatangi turis.

Sepanjang tahun lalu, sebanyak 2,2 juta turis mancanegara telah datang ke Zimbabwe. Sayangnya, jumlah tersebut terus turun dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak turis yang enggan datang, karena khawatir dengan situasi keamanan dan kecewa dengan pelestarian lingkungan yang diabaikan pemerintahnya.

Perburuan liar dan penggundulan hutan untuk dijadikan area tambang menjadi masalah serius di sini. Tewasnya Singa Cecil menjadi duka dunia pada beberapa waktu yang lalu.

Ada empat kawasan utama di Zimbabwe, yakni Matabeleland, Lake Kariba dan Zambezi, Mashonaland, Eastern Highlands, dan Southeastern Zimbabwe.

Seperti yang dikutip dari situs resmi Badan Pariwisata Zimbabwe, berikut ini ialah objek wisata yang wajib dikunjungi jika berkesempatan datang ke Zimbabwe:

1. Air Terjun Victoria

Air terjun ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Aliran air yang deras dan kisah asal usul air terjun ini menjadi suguhan utama dari pemandu untuk turis yang datang.

Air Terjun Victoria mengaliri hutan hujan di Zimbabwe. Beragam flora dan fauna bergantung oleh aliran airnya.

Tak jauh dari air terjun, ada Elephants Walk Centre dan pasar tradisonal yang juga bisa dikunjungi.

[Gambas:Instagram]

2. Taman Nasional Hwange

Belum sah ke Afrika jika belum datang ke salah satu taman nasionalnya. Di Taman Nasional Hwange, turis bisa memandangi ratusan jenis flora dan fauna khas yang setiap harinya wara-wiri di sana.

Selain Hwange, ada juga taman nasional Matobo Hills, Mana Pools, dan Nyanga yang bisa dikunjungi di Zimbabwe.

[Gambas:Instagram]

3. Great Zimbabwe

Berada di Masvingo, Great Zimbabwe merupakan komplek reruntuhan kuno yang bersejarah. Di sini, turis bisa mengetahui sejarah panjang berdirinya pemerintahan di Afrika. Berfoto di depan bebatuan besar menjadi salah satu hal menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung.

[Gambas:Instagram]

4. Danau Kariba

Aliran air Sungai Zambezi menjadi sumber pengairan danau ini. Ada bendungan yang juga berada tak jauh dari Danau Kariba. Sama seperti Air Terjun Victoria, danau ini juga menjadi sumber kehidupan bagi flora dan fauna di alam Zimbabwe. Berperahu sambil memancing merupakan salah satu kegiatan utama bagi para turis yang datang.

[Gambas:Instagram]

5. Timur Zimbabawe

Kawasan timur Zimbabwe dihiasi oleh perbukitan dan pegunungan yang diselimuti hutan hutan tropis. Sebelum seluruh hutan itu habis dibabat orang tak bertanggungjawab, ada baiknya untuk mampir ke sini. Tak seperti pusat kota, udara di kawasan ini sangatlah sejuk.

[Gambas:Instagram]

6. Harare

Dia juta orang tinggal di pusat kota Zimbabwe ini. Berbagai kegiatan mengenal kearifan lokal Zimbabwe bisa dilakukan di sini, mulai dari mengunjungi museum sampai berbelanja. Jangan lupa untuk menyicipi Sadza, bubur khas Zimbabwe yang disajikan dengan berbagai sayuran dan lauk pauk. Bisa juga kongko santai sambil menyesap bir lokal Chibuku atau Shake Shake.

[Gambas:Instagram]

(ard)