Kaledonia Baru, Kumpulan Pulau Cantik di Selatan Pasifik

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 20/11/2017 18:47 WIB
Kaledonia Baru, Kumpulan Pulau Cantik di Selatan Pasifik Ilustrasi. (morgueFile/albertinis69)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan Kaledonia Baru (New Caledonia) sedang dilanda bencana alam gempa bumi yang menyebabkan gelombang tsunami kecil pada Senin (20/11) waktu setempat.

Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter dan gelombang tsunami setinggi satu meter terjadi di Pulau Mare. Dua warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di sana sudah dievakuasi. Selebihnya, tidak ada korban jiwa, seperti yang dikatakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Nouméa.


Sekitar 350 orang WNI dan 7.000 diaspora keturunan Indonesia tinggal di Kaledonia Baru. Sebagian besar bekerja di industri pariwisata, yang menjadi penyumbang utama pendapatan negara teritori Perancis itu.


Kaledonia Baru yang berada di perairan Pasifik Selatan terkenal dengan pulau-pulau kecilnya yang sering dikunjungi turis berduit untuk liburan musim panas.

Selain wisata kuliner dan belanja di pusat kota Nouméa, turis biasanya melakukan kegiatan menyelam di Grand Terre.


Kepulauan ini memiliki total luas 19.060 kilometer persegi dengan total populasi 216 ribuan jiwa. Bahasa utamanya Perancis, namun sudah banyak yang fasih berbahasa Inggris.

Turis gemar datang ke sini karena iklimnya yang semi tropis. Bulan Januari sampai Februari menjadi puncak musim turis karena udaranya hangat.

[Gambas:Instagram]

Selebihnya, musim hujan dan musim dingin akan datang. Meski demikian perairannya tetap bisa direnangi, hanya saja suhunya jadi lebih dingin.

Banyak yang menganggap kalau biaya berwisata di Kaledonia Baru lebih mahal dibandingkan dengan kawasan perairan populer di Asia, seperti Thailand atau Bali.

Tapi ternyata, biaya berwisata di sini dibilang jauh lebih murah dibandingkan di Australia.

[Gambas:Instagram]

Ada dua bandara yang bisa disinggahi di sini, Bandara New Caledonia dan Bandara Noumea-Magenta.

Sesampainya di sini, turis bisa langsung memilih berbagai kegiatan wisata. Untuk menyelam, bisa datang ke Îlot Canard atau Aguille de Prony.

Saat bermain air ingat untuk selalu waspada dengan kemunculan bulu babi, ular laut, atau hiu.

Jika pilihannya bermalas-malasan di pinggir pantai, bisa singgah di Baie des Citrons, Anse Vata, Îlot Maitre, Grande Terre, atau Île des Pins.

[Gambas:Instagram]

Sementara untuk kemping atau mendaki gunung, turis bisa datang ke Parc Rivière Bleu.

Jangan lupa juga untuk menyicipi kuliner khasnya, yakni Bougna dan Mattu.

Sepanjang tahun lalu, Kaledonia Baru telah dikunjungi oleh 115 ribu turis mancanegara. Jumlah tersebut naik sebanyak 1,5 persen dari tahun sebelumnya.

Turis asal Perancis, Australia, Selandia Baru, dan Jepang mendominasi datang ke sini.

(ard)