Indonesia Bidik Potensi 30 Juta Turis Muslim asal Rusia

ANTARA | CNN Indonesia
Selasa, 21 Nov 2017 16:25 WIB
Di 'Moscow Halal Expo 2017' pemerintah Indonesia mempromosikan Aceh dan Banyuwangi sebagai destinasi wisata halal yang menarik. Pantai Syariah di Banyuwangi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Indonesia ikut serta dalam ajang bertajuk ‘Moscow Halal Expo 2017’ yang berlansung di Moskow, Rusia, pada 16-18 November lalu.

Dalam ajang tersebut, pemerintah Indonesia mempromosikan beragam destinasi wisata untuk membuat turis Muslim asal Rusia tertarik datang ke Indonesia.


Beberapa destinasi wisata yang ditawarkan antara lain; Sail Sabang dan Rapai Festival di Aceh, Kepulauan Seribu, dan Banyuwangi.


Yang menarik ialah dipromosikannya Aceh dan Banyuwangi, dua destinasi wisata yang selama ini dikenal kental dengan konsep halal.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata RI, Riyanto Sofyan, yang hadir dalam ajang tersebut mengatakan kalau sebanyak 30 juta penduduk Muslim asal Rusia merupakan pasar yang potensial bagi industri wisata halal Indonesia.


“Turis Muslim asal Rusia menyumbang banyak jumlah turis Muslim dari Eropa di dunia. Daya belinya mereka juga sangat tinggi,” ujar Riyanto sambil mengutip data dari Thomson Reuters.

Selain wisata, pemerintah Indonesia juga mempromosikan berbagai produk perbankan dan konsumsi berlabel halal di ajang tersebut. Pengelola Paviliun Indonesia di Food City Moscow turut membuka lapak penjualan kuliner Indonesia.

Riyanto lanjut mengatakan, jumlah kunjungan turis Muslim mancanegara ke Indonesia meningkat 17,7 persen dalam tiga tahun terakhir.

Hal tersebut dinilainya semakin membuktikan kalau Indonesia dipandang pantas menjadi destinasi wisata halal.

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, jumlah turis Rusia secara umum yang datang ke Indonesia juga mengalami peningkatan. Sepanjang tahun lalu, sebanyak 80.514 orang turis Rusia telah datang. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 22,54 persen dari tahun sebelumnya.

[Gambas:Instagram]

Hingga bulan September 2017, jumlah turis Rusia yang datang ke Indonesia telah mencapai 81,804 orang, atau naik 52.17 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

‘Moscow Halal Expo’ merupakan pameran produk halal tahunan yang diselenggarakan sejak 2010 di bawah pengawasan Dewan Mufti Rusia dan KADIN Rusia yang juga didukung pemerintah Rusia.

Pameran tahun ini diikuti oleh 12 negara, antara lain; Amerika Serikat, Arab Saudi, Brunei Darussalam, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Turki dan Rusia.

(ard/ard)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER