Kendall Jenner Sabet Posisi Model Berbayaran Tertinggi 2017

Rahman Indra, CNN Indonesia | Rabu, 22/11/2017 12:55 WIB
Kendall Jenner Sabet Posisi Model Berbayaran Tertinggi 2017 Meski absen di Victoria's Secret tahun ini, Kendall Jenner menjadi model dengan bayaran tertinggi tahun ini menggeser Gisele Bundchen yang bertahan sejak 2002. (Foto: REUTERS/Yves Herman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski absen di peragaan Victoria's Secret tahun ini, Kendall Jenner (22) berhasil menjadi model dengan bayaran tertinggi tahun ini dengan pendapatan mencapai US$22 juta (sekitar Rp297 miliar).

Untuk kali pertamanya, ia menggeser posisi Gisele Bundchen yang bertahan sebagai model berbayaran tertinggi sejak 2002.

Dilansir dari Forbes, Kendall mendapatkan bayaran tak sedikit berkat akun Instagramnya yang bernilai tinggi dengan follower hingga 85 juta. Hingga Juni 2017, ia telah menandatangani kontrak iklan berbayaran fantastis dengan Estee Lauder, La Perla dan Adidas.


Tak hanya pendapatan dari kontrak iklan itu, ia juga masih mendapatkan pundi-pundi uang dari reality show bersama keluarganya Keeping up with The Kardashians. Lainnya, ia membangun lini busana Kendall + Kylie bersama saudarinya Kylie Jenner. Itu belum termasuk beberapa endorsement di media sosial.


[Gambas:Instagram]

Dengan raihan pendapatannya tersebut, Kendall menggeser posisi Gisele Bundchen ke nomor 2 dengan pendapatan US$17,5 juta. Gisele dikabarkan tak banyak ambil proyek setahun terakhir. Model berusia 37 tahun itu terlibat dalam iklan parfum Carolina Herrera, dan sepatu Arezzo serta perhiasan Vivara. Namun, pendapatannya menurun drastis dari 2016 yang mencapai US$30,5 juta.

[Gambas:Instagram]

Di urutan ketiga, ada Chrissy Teigen, dengan pendapatan US$13,5 juta. Ini kali pertama bagi Teigen masuk dalam jajaran model berbayaran tertinggi. Mantan model Sports Illustrated itu mendapatkan bayaran dari luar dunia mode, termasuk iklan dari label minuman Vita Coco dan Smirnoff.

[Gambas:Instagram]

Secara total keseluruhan, pendapatan 10 model bayaran tertinggi mencapai angka US$109,5 juta dari 1 Juni 2016-1 Juni 2017, itu sebelum pajak dan potongan lainnya. Pendapatan itu diperoleh dari kontrak kosmetik, parfum, dan lainnya.

Seiring dengan berubahnya arah dunia mode, turut mengubah ranking model berbayaran tinggi. Tahun ini didominasi oleh Insta-girls, atau model-model dengan pengikut di media sosial terbanyak.


Bella Hadid, misalnya, menempati urutan 9 dengan pendapatan US$6 juta. Ia mendapatkan tawaran iklan dari sejumlah label seperti makeup Dior, Nike dan Nars cosmetics. Sementara, saudarinya Gigi Hadid berada di posisi 5 dengan pendapatan US$9,5 juta. Ini kali pertama dua bersaudara berada di top 10 model berbayaran fantastis.

[Gambas:Instagram]

Ivan Bart, presiden IMG Models, seperti dikutip dari Forbes, mengatakan keberadaan media sosial, turut membuat hadirnya banyak kesempatan uang diraih para model. "Mereka menggunakan kesempatan itu," ujarnya. 

Selain nama-nama model di atas, Karlie Kloss menempati urutan 7, dengan pendapatan US$9 juta. Ia punya kanal YouTube populer dan talkshow sendiri di Freeeform. Karlie juga terkenal berkat organisasi niralba Kode With Klosssy yang mengusung aksi peduli dengan dunia pendidikan bagi anak perempuan. 

[Gambas:Instagram]

Masih di bawah pengaruh media sosial, Ashley Graham menempati urutan 10 dengan pendapatan US$5,5 juta. Ia tak menyandarkan bayaran hanya pada pemotretan majalah tapi pada lini busananya sendiri Addition Elle, Dressbarn dan Swimsuits For All, serta menjadi model untuk Lane Bryant dan H&M.

Model Liu Wen menempati urutan 8 dengan pendapatan US$6,5 juta. Nama-nama lainnya yang terkenal seperti Joan Smalls, Taylor Hill, Candice Swanepoel dan Lily Aldridge berpendapatan di bawah US$5,5 juta. (rah/rah)