Sentuhan 'Oranye' Palembang di Busana Pernikahan Kahiyang

Rahman Indra , CNN Indonesia | Jumat, 24/11/2017 16:06 WIB
Sentuhan 'Oranye' Palembang di Busana Pernikahan Kahiyang Dahnila Nasution yang juga pemilik label Mojo Kebaya, Medan menuturkan ia membuat kebaya pernikahan Kahiyang Ayu dengan menyematkan sentuhan songket Palembang. (Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai menjalani prosesi pernikahan di Solo dengan nuansa yang kental Jawa, putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasuton kini melangsungkan pesta adat Mandailing, di Medan.

Sejak Minggu lalu, Kahiyang sudah menjalani sejumlah prosesi adat. Hari ini, Jumat (24/11) hingga Minggu (27/11), ia juga masih akan menjalani lagi rentetan pesta adat dan respesi pernikahan di kediaman keluarga Bobby.

Jika di saat pernikahannya di Solo, Kahiyang didandani desainer Tuty Adib dan Hanif Aisyah, kali ini di Medan ia memercayakan busana pernikahannya pada Dahnila Nasution, pemilik Mojo Kebaya.

"Iya, benar saya yang buat busana pernikahan untuk Kahiyang," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, pada Jumat (24/11).


Bu Mojo, demikian ia biasa disapa mengatakan, ia juga yang merancang kebaya biru dan merah jambu yang dikenakan Kahiyang saat upacara adat kedatangannya di Medan beberapa waktu lalu. Keduanya untuk upacara Haroun Boru dan pemberian marga.

"Sore nanti, Jumat (24/11), Kahiyang pakai baju kurung emas lengkap dengan ornamen tradisional Sumatera Selatan," ujarnya menambahkan.

[Gambas:Instagram]

Mengenai sentuhan Palembang ini, Bu Mojo mengatakan: "Karena Nasution dan Siregar adalah dari Tapanuli Selatan." Ornamen tradisi Sumsel diyakini sudah familiar bagi masyarakat di sana.

Selain itu, kata dia: "Pemilihan warna oleh ibu Ade (ibu Bobby). Biasanya acara adat memakai warna cerah, karena itulah si Ibu memilih warna oranye, dan merah," tambah dia. 

"Sabtu, Kahiyang akan mengenakan kebaya warna merah untuk seluruh keluarga, dan tetap dengan aksesori adat Sumatera Selatan," tambah Bu Mojo.  

Keterlibatannya dalam membuat baju pernikahan Kahiyang memang tak lepas dari kiprah Bu Mojo sebagai penjahit langganan keluarga Bobby. Sebelumnya, ia juga membuat kebaya Poppy, kakak Bobby untuk pernikahannya sekitar lima tahun lalu.

"Sangat berterimakasih kepada ibu Ade sudah mempercayakan kepada saya," ujarnya.


Pada hari ini, Kahiyang menjalani prosesi tarian adat Manortor yang diawali dengan manapokkok lahan atau menyembelih kerbau. Dilanjutkan dengan manyantan gondang sambilan tanda dimulainya hajatan besar. Baru kemudian acara manortor dimulai dengan dibagi menjadi tiga sesi hingga Sabtu (25/11) siang. Di sela-selanya, juga terdapat beberapa prosesi dan upacara adat Mandailing.

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution masih akan menjalani resepsi pernikahan pada Minggu (27/11), dan proses kirab dari jalan Ringroad atau Gagak Hitam menuju Perumahan Bukit Hijau Regency di Jalan Setia Budi, kediaman Bobby. (rah/rah)