Menpar Puas Kemajuan Bandara Silangit

adv, CNN Indonesia | Jumat, 24/11/2017 16:36 WIB
Menpar Puas Kemajuan Bandara Silangit
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pariwisata Arief Yahya kembali meninjau Bandar Udara Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, tepatnya pada Kamis (23/11).

Arief meninjau perkembangan pembangunan fisik bandara yang akan menjadi pintu masuk utama wisatawan ke destinasi kelas dunia, Danau Toba ini. Semua bangunan dicek, termasuk bangunan terminal internasional yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (24/11).

Arief tiba di Bandara Silangit pukul 12.50 waktu setempat dari Jakarta. Didampingi Kepala Bandara Internasional Silangit Hotasi Manalu, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarhanor dan anggota Badan Otorita Danau Toba.


Ia lalu menyambangi bagian dalam dan luar bandara serta melihat amenitas fisik penerimaan calon wisatawan/penumpang pesawat serta restoran atau kafe yang mulai beroperasi.

Arief secara detail melihat bagian per bagian. Terutama bangunan utama yang menjadi pemandangan utama setiap wisatawan atau penumpang yang mendarat di Bandara Silangit. Dia pun pun cukup puas dengan progress pembangunan yang ada. Terutama dengan hadirnya kafe-kafe di lingkungan bandara.

"Tumbuhnya amenitas seperti ini menandakan menggeliatnya pariwisata, dampak dari peningkatan aksesibilitas udara," ujar Arief Yahya.

Arief mengatakan, sejak diresmikan menjadi bandara internasional pada 8 September 2017, bandara Silangit memang terus berbenah, mulai dari pembangunan fisik bandara serta infrastruktur penunjang lainnya.

"Di akhir 2017, runway Bandara Internasional Silangit juga akan memiliki lebar 45 meter sehingga dapat mengakomodasi pesawat narrow body sekelas Airbus A320 dan Boeing 737-800," ujar Arief Yahya.

Arief mengatakan, kesiapan bandara Silangit akan memberikan manfaat penting dalam pengembangan pariwisata Danau Toba dan terutama meningkatkan arus wisatawan.

"Dengan peresmian terminal internasional oleh Bapak Presiden Jokowi, tentunya akan menambah daya tarik untuk Danau Toba. Masyarakat juga akan langsung menerima manfaatnya," ujar Arief. (syahb)