Ngunduh Mantu di Medan, Jokowi Pakai Baju Adat Khas Melayu

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 26/11/2017 07:45 WIB
Ngunduh Mantu di Medan, Jokowi Pakai Baju Adat Khas Melayu Jokowi, ayah Kahiyang Ayu direncakanan memakai busana adat Melayu teluk belanga. (Detikcom/Andhika Prasetia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai pesta adat Mandailing yang dijalankan pengantin baru Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Minggu (26/11) akan dilangsungkan resepsi ke-2 dan ngunduh mantu di Medan.

Dalam acara ngunduh mantu ini, nuansa pesta akan dipenuhi dengan adat Batak, termasuk soal busana. Jokowi, ayah Kahiyang Ayu direncakanan memakai busana adat Melayu teluk belanga.

Busana Melayu untuk Jokowi ini dibuat di penjahit lokal Medan, Necis Tailor.



Rahman Purba, Manajer Necis Tailor mengungkapkan bahwa busana belanga Jokowi dibuat dengan bahan wol berwarna hitam.

Busana belanga Jokowi ini terdiri dari satu setel atasan dan bawahan berupa celana panjang hitam.

"Jadi, setelan pakaian model teluk belanga itu dipakai Presiden Jokowi nantinya pada resepsi umum, pesta perkawinan Kahitang Ayu dan Bobby Nasution, di Perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Indah Medan," katanya.

Busana ini pun sudah rampung dikerjakan sejak Jumat (24/11).


Hanya saja, Necis Tailor sendiri tak berhubungan langsung dengan Jokowi. Busana yang sudah jadi pun diantarkan ke kantor Pemerintah Kota Medan.

"Sebelumnya, bahan baju milik Presiden Jokowi itu ditempahkan oleh salah seorang Aparat Sipil Negara (ASN) dari Pemkot Medan ke Necis Tailor," katanya dikutip dari Antara.


(chs/chs)