Di Jepang, Ikan Asin Disulap Jadi Jepit Rambut Berkristal

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 28/11/2017 10:22 WIB
Di Jepang, Ikan Asin Disulap Jadi Jepit Rambut Berkristal di Jepang, ikan asin kering yang biasanya jadi camilan atau bahan dashi ini malah dijadikan jepit rambut. (JKModel/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ikan asin kering paling enak diolah dengan sambal pedas dan disantap dengan nasi panas. Namun di Jepang, ikan asin kering yang biasanya jadi camilan atau bahan dashi ini malah dijadikan jepit rambut.

Bukan hanya jadi jepit rambut biasa, ikan asin kering ini juga ditambahkan dengan sebutir kristal swarovski sebagai pengganti biji matanya.

Di tangan desainer aksesori Aomikan, ikan asin kering ini dijadikan aksesori dan juga perhiasan. Aomikan menciptakan lini Niboshi (ikan kering) accessories untuk memberikan 'kehidupan kedua' pada ikan kering.



Dia bahkan menuliskan pesan unik: hidup niboshi ini tak akan berakhir menjadi kaldu yang lezat.

Hanya saja, mengutip Rocket News 24, tak semua ikan asin kering ini beruntung mendapat kehidupan kedua dan dibuat menjadi ornamen atau bros. Aomikan menyeleksi dengan ketat soal ukuran, bentuk, dan lengkungan ikan ketika mereka dikeringkan. Hanya beberapa saja yang bisa lolos seleksi.

Setiap aksesori ikan asin kering ini dibuat sendiri oleh tangan Aomikan. Dia membersihkan lapis demi lapis ikannya agar bau amis hilang. Untuk menghilangkan amis ikan, dia mengungkapkan butuh proses selama 10 hari.



Sebagai penyelesaiannya, bagian mata ikan diganti dengan butiran kristal swarovski.

Meski terlihat aneh, namun aksesori rambut dan perhiasan dari ikan asin kering ini nyatanya disukai banyak orang. Aksesori karya Aomikan ini bahkan tampil di pameran desain besar di Tokyo. (chs/chs)