5 Restoran 'Maknyus' di Indonesia dari Bondan Winarno

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 30/11/2017 18:20 WIB
5 Restoran 'Maknyus' di Indonesia dari Bondan Winarno Diambil dari akun Twitternya, berikut beberapa restoran yang direkomendasikan Bondan Winarno untuk dicicipi dari penjuru Indonesia. (Detikcom/Agung Phambudhy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semasa hidupnya pakar kuliner Bondan Winarno sudah banyak mencicipi aneka makanan lezat. Tak hanya di Jakarta, Bondan juga sudah berkeliling Indonesia dan dunia untuk mencari makanan 'maknyus.'

Berbagai makanan dari berbagai restoran sudah pernah disantapnya. Tak heran dia pun dengan fasih menjawab pertanyaan netizen di akun Twitternya saat diminta rekomendasi restoran.

Diambil dari akun Twitternya, berikut beberapa restoran yang direkomendasikan Bondan Winarno untuk dicicipi dari penjuru Indonesia.


1. Manjabal 2

Restoran makanan Sunda ini terletak di Cirebon, Jawa Barat. Manjabal sendiri menjual berbagai makanan nikmat.

Bapak maknyus ini mencicipi nasi goreng. Namun ini bukan sekadar nasi goreng, melainkan nasi goreng piritan. Piritan sendiri adalah nasi goreng dengan isian perut ikan gurame.

Dalam cuitannya beberapa waktu lalu Bondan mengungkapkan bahwa nasi goreng piritan adalah salah satu makanan favoritnya.


2. Mbah Mo

Mbah Mo adalah salah satu tempat penyaji bakmi Jawa yang termasyur di Yogyakarta.

Warung bakmi ini menghadirkan berbagai olahan bakmi Jawa yang hangat dan nikmat. Menunya antara lain bakmi goreng, bakmi godog, bakmi nyemek, bakmi goreng istimewa, dan bakmi godog istimewa.

Bakmi nyemek sendiri adalah olahan bakmi 'tengah' antara bakmi godog dan bakmi goreng. Bakmi nyemek memiliki kuah yang sangat sedikit dan kental. Bakmi Jawa ini masih dimasak dengan api arang dan kaldu kuah ayam kampung.



3. RM Wardani dan Warung Krishna

RM Wardani cukup terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Bali. Warung ini menjual nasi campur Bali.

Warung sederhana ini hanya mengandalkan lemari display untuk memajang aneka lauk dan sayur jualannya. Ada sate lilit, udang goreng, ayam suwir, dan juga sambal matah.

Sedikit berbeda dengan RM Wardani, Warung Krishna juga menghadirkan aneka makanan khas Bali. Sebut saja nasi campur, nasi ayam sanur, tipat kuah, sampai bubur Bali.

Yang unik terdengar adalah bubur bali. Bubur Bali adalah bubur nasi yang diberi lauk ayam betutu, ayam panggang pecel, sayur urab, sayur pare, sate lilit, keripik kulit ayam, sambal mentah, dan juga kuah.


4. Sate Haji Moei

Sulit rasanya menolak nikmatnya daging tusuk yang dibakar, apalagi jika satenya adalah sate kambing.

Di Brebes, Bondan Winarno juga sempat mencicipi salah satu warung sate terkenal yaitu RM Haji Moei.

Warung ini menghadirkan kreasi sate kambing hot plate untuk menjaganya tetap hangat. Sate kambingnya sendiri diberi bumbu kecap untuk memberikan rasa manis gurih yang nikmat.

Selain Haji Moei, Bondan juga merekomendasikan warung sate Satequ, cafe cangkir, sate PSK PI.



5. RM Edi Tanjung

Saat berkunjung ke Tiku, Sumatera Barat, Bondan Winarno juga merekomendasi restoran makanan lokal yang layak dicoba.

Di rumah makan ini Bondan merekomendasikan untuk menyantap sate lokan (kerang), kalio lokan, dan rendang lokan.

(chs/chs)