'Pertarungan' Petai versus Jengkol, Siapa yang Jadi Juaranya?

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 01/12/2017 12:21 WIB
'Pertarungan' Petai versus Jengkol, Siapa yang Jadi Juaranya? Pertarungan petai dengan jengkol adalah salah satu dari pertarungan abadi dunia kuliner yang sulit terselesaikan. Siapa pemenangnya? (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertarungan petai dengan jengkol adalah salah satu dari pertarungan abadi dunia kuliner yang sulit terselesaikan. Pertarungan ini tak kalah sengit dengan bubur diaduk atau tak diaduk.

Beberapa waktu lalu, CNNIndonesia.com sempat melakukan jajak pendapat lewat Line soal mana yang lebih disukai netizen di antara keduanya.

Setelah melakukan polling, hasilnya netizen CNNIndonesia.com, ternyata lebih memilih untuk berpihak pada tim petai. Tim jengkol berhasil dikalahkan oleh tim petai dengan skor 191 melawan 111 suara.
Ada beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih petai dibanding jengkol.


"Saya pilih petai, karena waktu kecil saya pernah makan jengkol dan kejengkolan," kata Vian, salah satu responden.

Sementara itu, Tim, responden lainnya mengungkapkan kalau dia tak suka jengkol karena baunya.

"Pilih petai soalnya enggak terlalu bau dibanding jengkol," katanya.

Namun, penggemar jengkol juga tak mau ketinggalan suaranya.

"Pilih jengkol, rasanya lebih legit," kata Wahyuni salah satu responden.
"Jengkol lebih enak, teksturnya lebih tebal. Apalagi kalau dibuat gulai. Enak banget," kata Indra, responden lainnya.

Sekalipun kalah beberapa angka, namun hal ini membuktikan kalau ternyata jengkol yang kerap diidentikkan sebagai makanan orang kampung ini juga punya banyak penggemar di Indonesia.

Buktinya, ada restoran yang cukup mewah juga menghadirkan buah jengkol bulat-bulat. Olahannya pun beragam, ada tumis jengkol, semur jengkol, sampai gulai jengkol atau gulai jariang. Tak jarang, jengkol yang kerap disebut sebagai kancing levis ini langsung kandang diburu pecintanya.

(chs/chs)