Bali-Yogyakarta Paling Dicari, Babel-Lombok Trending Google

advertorial, CNN Indonesia | Jumat, 01/12/2017 22:27 WIB
Bali-Yogyakarta Paling Dicari, Babel-Lombok Trending Google
Jakarta, CNN Indonesia -- Strategi digitalisasi sektor pariwisata yang diusung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya mulai membuahkan hasil.

"Transportasi ketemu digital company menjadi Gojek, Grab, dan lainnya. Pariwisata berjumpa Digital company itu melahirkan TripAdvicor, Booking.Com, Traveloka, Xpedia, dan lainnya. Telekomunikasi ketemu digital, makin murah dan terjangkau," ucap Arief Yahya.

Berdasarkan data dari mesin pencari Google, wisatawan masih menjadikan beberapa destinasi-destinasi kondang itu sebagai tujuan berlibur.


"Tiga destinasi domestik yang paling sering dicari adalah Jakarta, Bali, dan Yogyakarta," kata Search Marketing Manager Google Indonesia Mira Sumanti di sela-sela kampanye #LiburanDenganGoogle, pekan lalu.

Selain tiga destinasi itu, tempat wisata yang menjadi trending, antara lain, Padang, Bangka Belitung, Medan, Batam, Pekanbaru, Lombok, dan Palembang. Ada pun pencarian lokasi untuk akomodasi tertinggi, adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Kuta, dan Surabaya. 

Pangandaran, Bukittinggi, dan Berastagi juga menjadi trending di Google. Menurut Mira, frekuensi orang melakukan perjalanan tidak terlalu sering. Dalam setahun sekitar 1–2 kali.

Namun, imbuh Mira, ada peningkatan yang tinggi ketika memasuki peak season.

Mira menambahkan, dalam setahun ada dua momen peak season, yakni Lebaran dan tahun baru. Untuk momen saat ini, kata Mira, pencarian tiket pesawat hingga pemesanan hotel mulai menunjukkan kenaikan.

Tren peningkatan tersebut terjadi mulai November hingga menjelang akhir tahun nanti.

Dia mengungkapkan, selama 12 bulan terakhir, ada pertumbuhan rata-rata sekitar lima persen untuk pencarian informasi terkait dengan perjalanan mau pun kebutuhan berlibur.

"Pertumbuhan itu makin signifikan menjelang peak season," imbuh Mira.

Tingginya peluang itu ditangkap dengan baik oleh Google dengan mengembangkan fitur knowledge panel. Fitur itu bakal memanjakan wisatawan saat mencari informasi seputar hotel dan transportasi. Sebab, wisatawan bisa melakukannya secara langsung dengan knowledge panel aplikasi Google tanpa harus berpindah-pindah ke banyak situs dan aplikasi.

"Jadi, misal mau cari akomodasi hotel, cukup buka Google dan muncul berbagai informasi. Baik harga, lokasi, hingga ulasan," kata Mira. (adv)