FOTO: Lebih Dekat dengan Gajah

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Minggu, 03/12/2017 09:13 WIB

Chiang Rai, CNN Indonesia -- Di Chiang Rai, ada resor mewah yang menyediakan kegiatan lebih dekat dengan kawanan gajah, mulai dari memandikan sampai makan malam.

Hingga tahun ini, hanya tersisa 415 ribuan ekor gajah liar di Afrika dan 40 ribuan ekor gajah di Asia. Sisanya dimiliki oleh perorangan, yang belum tentu diperlakukan secara layak.
Anantara Golden Triangle Elephant Camp & Resort memiliki fasilitas kamp penampungan gajah, yang juga bisa diajak berinteraksi dengan tamunya.
Di resor mewah ini, ada 23 ekor gajah Asia spesies India, yang berbadan kecil dan berkuping pendek.
Gajah-gajah di Anantara dijaga oleh 30 penjaga, yang disebut mahout.
Anantara Golden Triangle Elephant Camp & Resort menawarkan kegiatan mengenal gajah, memandikan gajah, sampai sarapan dan makan malam bersama gajah.
Kepemilikan atas gajah merupakan hal biasa di Thailand sejak 4.000 tahun yang lalu. Ada 15 ribuan ekor gajah jenis India yang dimiliki masyarakat Thailand. Mereka biasanya dipekerjakan di sirkus dan ladang atau hanya menjadi simbol kekayaan.
Ada juga gajah yang naas, dipelihara untuk diambil kulit dan gadingnya saat besar. Obat jerawat dari kulit gajah merupakan kosmetik populer di dunia saat ini, entah sudah teruji dengan medis atau tidak.
Karena gajah berbadan besar dan tinggi, serta tak dibekali pengelihatan yang sempurna, mereka tentu saja takut dengan benda kecil yang bergerak di bawah kaki mereka, seperti tikus dan ayam.
Hotel Anantara Golden Triangle di Chiang Rai, Thailand, memiliki kamp penampungan gajah yang penghuninya bisa menjadi teman bagi tamu. Kegiatan memberi makan sampai memandikan gajah jadi salah satu daya tarik hotel ini. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)